Salah satu model pemasaran yang menjadi andalan bisnis di era teknologi sekarang ini adalah pemasaran digital. Dengan menyasar para pengguna teknologi digital, brand dan bisnis berlomba menyuguhkan konten pemasaran yang menarik agar kampanye mereka tepat sasaran.
Pemasaran digital dinilai menjadi sebuah metode yang ampuh, terutama untuk menyasar para generasi muda yang aktif bersosialisasi di media sosial. Meski menyimpan banyak keuntungan pemasaran digital juga tidak luput dengan kegagalan.
Berikut beberapa hal yang wajib dihindari untuk menjaga strategi pemasaran digital berjalan dengan baik.
Gagal merencanakan dan menentukan tujuan
Sama halnya dengan strategi pemasaran lain teknik pemasaran digital juga perlu didahului dengan perencanaan matang. Bisa dibilang, jika gagal merencanakan atau menentukan arah strategi pemasaran tak ubahnya kegiatan menghambur-hamburkan uang.
Untuk pemasaran digital, objektifnya harus jelas, tujuan yang ingin dicapai, dan sasaran yang ingin dituju sudah ditentukan dan dijelaskan di awal. Selain menjaga dari kegagalan strategi pemasaran, memperjelas rencana dan tujuan juga bisa menjadi cara pertama untuk mengoptimalkan pemasaran.
Tidak memperhatikan analisis
Masih ada kaitannya dengan merencanakan dan menentukan tujuan, pertimbangan dalam meluncurkan atau memulai pemasaran digital adalah analisis kebutuhan. Jangan sampai memulai strategi pemasaran digital tanpa landasan yang cukup, tanpa persiapan yang matang. Salah satu hal yang wajib adalah memperhatikan hasil analisis yang ada. Mulai dari traffic, pengguna, hingga analisis pasar.
Salah target
Yang menjadi permasalahan dari diabaikannya pengamatan atau analisis adalah salah target. Tanpa perhitungan, tanpa pertimbangan yang matang dari data-data yang terkumpul sangat kecil kemungkinan bisnis bisa menentukan target pemasaran dengan tepat. Meraba-raba hanya akan menghambat dan menghambur-hamburkan biaya pemasaran. Untuk optimal, target harus tepat dan akurat.
Terburu-buru mengikuti tren
Tanpa perhitungan dan tanpa pertimbangan adalah hal paling harus dihindari sebelum menjalankan strategi pemasaran. Demikian juga dengan terburu-buru. Sesuatu yang sedang ramai dibicarakan di media sosial biasanya berpotensi menjadi peluang strategi pemasaran, namun terlalu terburu-buru mengikuti arus trending juga menjadi sebuah kesalahan. Tren tidak semua harus diikuti, datalah yang seharusnya menjadi pedoman dalam strategi pemasaran.