Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Game Esports Gundam Tengah Dikembangkan oleh Bandai Namco

22 June 2021Adi Nawan

Siap-siap kedatangan game baru untuk esports.

Gundam adalah salah satu franchise yang mampu bertahan begitu lama dan juga berhasil diadaptasi ke berbagai media, termasuk video game. Meski begitu, Bandai Namco kelihatannya masih melihat peluang untuk memperluas Gundam untuk ikut masuk ke dalam esports.

Hal ini diumumkan pada Konferensi Gundam Pertama di Tokyo. Chief Gundam Officer dari Bandai Namco, Koji Fujiwara mendiskusikan masa depan dari franchise ini dan bagaimana untuk memperkuatnya.

Dari beberapa rencana termasuk memperluas penjualan mainan gunpla dan juga merilis film live-action, Bandai Namco menyebutkan tentang kompetisi esports yang akan dinamai GGGP (Gundam Game Grand Prix).

image credit: ggame-grandprix

Kompetisi ini sebenarnya masih dalam tahap pengembangan oleh Bandai Namco. Untuk awalnya, kompetisi ini akan menggunakan game Gundam EXTREME VS. Maxi Boost On yang sebenarnya sudah ada di arcade sejak 2010 dan sudah masuk ke dalam ranah esports. Versi PlayStation 4-nya yang dirilis pada 2016 (Jepang)/2020 (Worldwide) bahkan akan masuk ke dalam turnamen sekunder Evo 2021.

Ke depannya, Bandai juga menargetkan perkembangan kompetisi ini menjadi event esports berskala global yang akan memusatkan fokusnya pada Amerika Utara. Varian game Gundam yang akan diperlombakan juga akan diperluas pada Mobile Suit Gundam Battle Operation 2 (PlayStation 5/PlayStation 4) dan juga Gundam Breaker Mobile (iOS/Android).

Selain judul-judul yang telah dirilis, Bandai Namco juga mengatakan bahwa mereka akan mengembangkan sebuah judul Gundam baru yang memang dikhususkan untuk kompetisi esports. Fujiawara juga meminta para fans untuk menunggu informasi lanjutanya.

image credit: pushsquare

Game Gundam berkonsep PvP (Player-versus-player) sebenarnya telah beberapa kali dicoba oleh Bandai Namco sebelumnya. Salah satunya adalah New Gundam Breaker yang dirilis pada 2018 lalu. Namun sayangnya game ini mendapat respon yang kurang positif  dari para fans.

Kali ini bukanlah usaha pertama Bandai Namco menggarap game yang memang dipersiapkan untuk esports. Meskipun memang sebelumnya mayoritas game esports yang mereka buat adalah game fighting (Tekken, Dragon Ball FighterZ, Soul Calibur 6).

Hadirnya konsol next-gen sebenarnya juga memberikan kesempatan bagai Bandai Namco untuk mengembangkan sebuah game Gundam yang benar-benar baru dengan grafik, gameplay, dan bahkan mekanisme yang benar-benar dipersiapkan sebagai game kompetitif.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV