Esports

[Guide] Xeniel Arena of Valor, Sang Commander of Holy Hall dengan Kemampuan Teleport

21 Feb 2018 | Lukman Azis
Xeniel membentangkan keenam sayapnya, turun dari langit, dan membantu atau menyelamatkan teman tepat pada waktunya.

Sebelumnya saya telah mengulas guide hero support Mobile Legends terbaru, Angela. Dia memiliki skill ultimate heartguard yang mampu teleport ke hero teman secara instan.

Di Arena of Valor (AOV), kita juga punya hero dengan kemampuan serupa yaitu Xeniel dengan skill ultimate angelic splendor yang memungkinnya berpartisipasi di setiap team fight.

Sebagai tank dan support, fokus Xeniel adalah kerja sama tim. Berikut ini ialah guide Xeniel Arena of Valor, sang Commander of Holy Hall. Build item, arcana, dan tips trik menggunakan Xeniel AOV.

1. Skill Pasif Xeniel AOV – Holy Brand

guide-xeniel-arena-of-valor-1

Tiap attack normal ke-tiga, Xeniel menimbulkan 4-8 persen dari HP maks dalam bentuk magic damage (+1 persen di level 4/7/10/13).

2. Skill 1 Xeniel AOV – Divine Protection

guide-xeniel-arena-of-valor-2

  • Cooldown: 10 detik
  • Biaya Mana: 75

Xeniel membentuk barrier yang menyerap sejumlah damage. Xeniel dapat meledakkan barrier setelah 2,5 detik dengan menekan kembali tombol skill, yang menimbulkan magic damage pada musuh sekitar dan mengurangi movement speed mereka selama 1 detik. Jika barrier dihancurkan oleh musuh, maka tak akan ada damage ataupun efek pengurangan movement speed.

Tips: Fokuslah untuk meningkatkan skill pertama divine protection. Karena selain mampu menahan serangan, Xeniel juga bisa menghasilkan ledakan damage cukup besar dengan dibarengi attack normal.

Durasi cooldown yang singkat, jangan ragu memanfaatkan skill ini berkali-kali, inilah kunci pertahanan utama Xeniel.

3. Skill 2 Xeniel AOV – Malleus

guide-xeniel-arena-of-valor-3

  • Cooldown: 9 detik
  • Biaya Mana: 70

Xeniel meluncur ke area sasaran, menimbulkan magic damage pada musuh di area, seraya meng-stun mereka selama 1 detik.

Tips: Skill kedua malleus sangatlah multi fungsi, bisa digunakan untuk membuka war, mengejar musuh yang sekarat, ataupun untuk melarikan diri jika keadaan tidak menguntungkan.

4. Skill Ultimate Xeniel AOV – Angelic Splendor

guide-xeniel-arena-of-valor-4

  • Cooldown: 70 detik
  • Biaya Mana: 100

Xeniel memilih hero kawan dan memberikan pengurangan damage sebesar 40 persen selama 3 detik seraya dia terbang ke arah lokasi hero kawan di waktu casting. Setelah 2,2 detik, Xeniel mendarat di area sasaran dan menimbulkan magic damage pada musuh sekitar, seraya memulihkan hero kawan sebesar 15 persen dari HP maks mereka dan meningkatkan movement speed Xeniel sebesar 40 persen selama 3 detik.

Tips: Xeniel membentangkan keenam sayapnya, turun dari langit, dan membantu atau menyelamatkan teman tepat pada waktunya. Namun, perhatikan sekitar ketika ingin menggunakan ultimate, skill angelic splendor Xeniel memerlukan 2,2 detik, jika terkena serangan musuh maka skill akan dibatalkan.

5. Build Item, Arcana, dan Talent Xeniel AOV

guide-xeniel-arena-of-valor-5

Control musuh-musuhmu dan recover teman setim, itulah peran Xeniel. Maka dari itu, Xeniel butuh pertahanan yang kuat. Berikut build item Xenial yang bisa digunakan:

  • Leviathan (Jungling)
  • Gilded Greaves (Movement)
  • Frost Cape (Defense)
  • Medallion of Troy (Defense)
  • Shield of the Lost (Defense)
  • Holy of Holies (Magic)

Fokusnya ialah meningkatkan HP, attack speed, cooldown, dan defense. Berikut rekomendasi arcana level 2 Xeniel ialah pestilence, reinforce, dan potential. Kemudian arcana level 3 Xeniel yaitu golden body, colossus, dan prowessTalent heal saya rasa paling cocok untuk Xeniel, karena Xeniel dan teman setim di sekitar bisa memulihkan 15 persen HP.

6. Tips Trik Menggunakan Xeniel

guide-xeniel-arena-of-valor-6

Tergantung bagaimana komposisi tim Anda, di early game Xeniel bisa bertarung sebagai solo di lane Dark Slayer, menjadi seorang observer dan membantu jungler, ataupun menjadi support di lane Abyssal.

Mid game adalah peluang terbaik untuk Xeniel unjuk gigi, dengan kemampuan teleport ke hero teman, Xeniel harus bisa berpartisipasi di setiap team fight. Combo skill Xeniel ialah skill 1, kemudian skill 2, agar timing meledaknya barrier Xeniel pas.

Harus diingat lagi, sebagai tank support tugas Xeniel termasuk untuk meng-covermage dan archer tim. Menurut saya, kemampuan membaca peta sangat berpengaruh besar, menggunakan Xeniel harus benar-benar jeli melihat keadaan. Usahakan selalu mengambil kesempatan untuk melancarkan serangan kejutan dan menyergap musuh.