Guide
for SEO
Guide

[Guide] Pengalaman Baru Bermain Pokemon Go Lagi di Tahun 2022

3 January 2022Lukman Azis

Pokemon Go masih sangat menyenangkan dan bisa dimainkan dengan santai ataupun serius

Pokemon Go adalah salah satu game augmented reality (AR) paling fenomenal di smartphone. Game yang dikembangkan oleh Niantic bersama Nintendo dan Pokemon Company ini pertama kali dirilis pada tahun 2016 dan mengajak pemainnya untuk berpetualang menangkap Pokemon di dunia nyata.

Sekitar sebulan lalu, saya kembali menginstal Pokemon Go, awalnya niat saya ingin mengajak anak saya yang berusia empat tahun berfoto bersama Pokemon. Namun berujung keterusan, karena di dekat rumah saya terdapat PokeStop dan hanya beberapa ratus meter dari rumah terdapat Gym.

Keseruan bermain Pokemon Go bertambah berkat fitur Go Battle League yang memungkinkan trainer Pokemon Go di seluruh dunia untuk dual PvP. Berikut guide dan pengalaman bermain game Pokemon Go untuk tahun 2022 dan beberapa tips pentingnya.

1. Keuntungan Dekat dengan PokeStop

Dengan PokeStop yang bisa diakses setiap lima menit, saya tidak pernah kehabisan Poke Ball, bahkan saya punya lebih dari 100 Ultra Ball. Secara default, kapasitas item 350 yang bisa kita simpan berjumlah 350 slot. Bagaimana bila penuh?

Solusi pertama, Anda bisa membeli item bag sebanyak 50 slot di Shop dengan harga 200 PokeCoin. Kedua kelola dengan menghapus item yang kurang penting dan terus mengakses PokeStop untuk mendapatkan item yang lebih berharga.

2. Keuntungan Mengusai Gym

Selain memperoleh item berlimpah karena bisa mengakses PokeStop terus menerus, dekat dengan Gym juga punya keuntungan besar. Pertama dengan menguasai Gym, kita bisa menghasilkan 50 PokeCoin setiap harinya.

Saat artikel ini dibuat, Snorlax milik saya sudah menginap 15 hari di Gym terdekat dari rumah. Artinya saya sudah mengantongi 750 PokeCoin, ketika Snorlax kembali saya berencana membeli item bag, Pokemon storage, egg incubator, serta item incense dan lure module yang bisa memikat kehadiran Pokemon liar.

Selain itu, dekat dengan Gym juga memungkinkan kita rutin melakukan Raid battle di Gym dengan banyak hadiah. Level saya saat ini 26 dengan Pokemon terkuat Sawk 2.366, sehingga masih memungkinkan untuk melakukan Raid battle sendiri bila CP Pokemon yang dilawan di sekitar di bawah 10.000.

3. Tips Menaikkan Level

Cara efektif untuk menaikkan level dengan cepat adalah dengan menyelesaikan quest atau misi di menu research. Mulai dari research harian, mingguan, hingga spesial, Anda juga akan mendapatkan imbalan item menarik tiap kali menyelesaikan misi tertentu.

Cara lain untuk memperoleh banyak exp ialah dengan memperkuat pertemanan, level maksimal pertemanan bisa mendapatkan 100.000 exp. Untuk menambah Pokemon Go, Anda bisa bergabung dengan grup-grup Pokemon Go di Telegram.

4. Tips Evolve dan Power Up Pokemon

Pokemon punya banyak tipenya, ketika battle masing-masing tipe punya keunggulan dan kelemahan dengan tipe tertentu. Sebagai contoh, Pokemon tipe water akan unggul bila melawan Pokemon tipe fire, rock, dan ground. Namun akan melemah ketika mewalan Pokemon tipe electric dan grass.

Untuk evolve dan power up Pokemon, kita membutuhkan candy Pokemon tersebut dan sumber daya terbatas bernama stardust. Untuk memperoleh stardust sama seperti exp, dengan caya menangkap Pokemon dan menyelesaikan berbagai misi research.

Untuk Pokemon yang bisa dievolusi, maka sebaiknya kita kumpulkan dulu candy-nya untuk keperluan evolve. Karena evolve dan power up dapat mempengaruhi hasil pertandingan di Go Battle League, kita harus fokuskan satu Pokemon pada tipe tertentu.

Sebagai contoh, saya punya dua Pokemon Water dengan CP tinggi yaitu Vaporeon 2.311 dan Golduck 1.963. Maka untuk power up, saya hanya akan fokuskan ke Vaporeon dan begitu pula untuk Pokemon lainnya.

5. Tips Menang Go Battle League

Seperti yang disebutkan diatas, tiap tipe Pokemon punya keunggulan dan kelemahan saat melawan tipe Pokemon tertentu. Pilih kombinasi terbaik sesuai Pokemon yang kalian miliki, kalau saya biasanya menggunakan Sawk (fighter), Vaporeon (water), Pyroar (fire), kadang saya padukan dengan Zangoose (normal) dan Exeggutor (grass/dragon).

Di Go Battle League, spesifikasi smartphone terutama chipset yang powerful dan touch sampling rate layar bakal cukup berpengaruh, pastikan juga koneksi jaringan stabil. Jangan ragu menyerang secepat mungkin dan spam skill.

6. Tips Mengumpulkan Candy

Ketika item sudah penuh, biasanya saya akan menggunakan item incense dan lure module. Dua item ini dapat memancing Pokemon liar untuk keluar dari persembunyiannya lebih cepat. Untuk mendapatkan ekstra candy, Anda bisa menjadikan Pokemon favorit atau yang sangat ingin Anda evolve dan power up sebagai buddies, saya memilih Charmeleon karena sangat ingin mengevolusinya menjadi Charizard.

Jalan lain adalah kita bisa berburu rare candy, candy ini bisa diubah ke candy Pokemon apapun. Rare candy ini biasanya dapat diperoleh bila memenangkan Go Battle League empat kali berturut-turut, kadang juga bisa diperoleh pada misi khusus atau hadiah saat Raid battle.

Penutup

Pokemon Go masih merupakan game augmented reality (AR) terbesar dan paling sukses di industri ini. Tak hanya memungkinkan menangkap Pokemon di dunia nyata lewat smartphone, kehadiran mode kompetitif Go Battle League turut menambah keseruannya, Pokemon Go bisa dimainkan dengan santai ataupun serius. Buat saya, game ini sangat berkesan karena ramah untuk dimainkan bareng anak.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada ...

Others from #HybridTV