16 May 2022

by Hans Thio

Guide Brody Mobile Legends 2022, Salah Satu Gold Laner Terkuat di META Sekarang

"Pain, is the proof that I'm still alive." - Brody

Kerap digunakan di Rank maupun MPL, Brody menjadi marksman yang META karena kemampuan laning-nya yang kuat dan counter-nya yang sedikit. Namun demikian, Anda wajib membaca guide Brody Mobile Legends 2022 ini untuk mengeluarkan potensi maksimalnya.

Sebagai seorang marksman, Brody memiliki DPS (damage per second) yang tinggi. Namun, skill Brody yang memiliki burst damage, efek CC, dan jangkauan yang jauh membuatnya lebih unggul dari hero marksman lainnya. Karena itu, hero ini wajib dikuasai.

Bagi yang ingin menguasai marksman ini, kita akan membahas skill, combo, emblem, serta build terbaik di guide Brody Mobile Legends 2022.

Guide Brody Mobile Legends 2022

Image Credit: Moonton

Penjelasan Skill Brody

Image Credit: Moonton

Pasif: Abyss Corrosion

Brody dapat bergerak ketika menggunakan basic attack. Namun, Brody memiliki animasi basic attack yang lebih lama dan bonus attack speed yang lebih rendah. Basic attack Brody juga mendapatkan physical damage tambahan yang berskala dengan level-nya. Namun, damage tambahan ini tidak dapat menjadi critical.

Ketika basic attack-nya mengenai lawan, movement speed Brody akan meningkat sebesar 30% (yang akan berkurang dengan cepat dalam 1.2 detik), dan meninggalkan 1 stack Abyss Mark kepada lawan (maksimal 4 stack). Setiap stack Abyss Mark meningkatkan damage yang diberikan Brody kepada target sebanyak 5% dan movement speed-nya sebesar 5%.

Skill 1: Abyss Impact

Brody mengeluarkan Shock Wave ke arah yang ditentukan, memberikan physical damage, efek CC Slow sebesar 30% selama 1,2 detik, dan meninggalkan 1 stack Abyss Mark kepada lawan.

Ketika skill ini mengenai banyak target, lawan yang terkena belakangan akan menerima 10% damage tambahan, efek CC Slow ekstra sebesar 5%, dan 1 stack Abyss Mark ekstra (hingga 130% damage, 45% efek CC Slow, dan 4 stack). Akan tetapi, skill ini hanya memberikan 80% damage kepada minion.

Skill 2: Corrosive Strike

Brody melakukan dash menuju lawan, memberikan physical damage, efek CC Stun selama 0,8 detik, dan meninggalkan 1 stack Abyss Mark kepada target. Setelah mengenai target, Brody dapat melakukan dash sekali lagi ke arah yang ditentukan, memperoleh movement speed tambahan sebesar 45% yang akan berkurang dengan cepat dalam 1,2 detik.

Ultimate: Torn-Apart Memory

Brody menargetkan semua lawan yang berada dalam jangkauan skill ultimate-nya, memberikan physical damage kepada mereka. Jika lawan memiliki Abyss Mark, damage yang diberikan Brody akan ditambah 4% dari HP target yang hilang untuk setiap stack Abyss Mark.

Prioritas Level Skill: Torn-Apart Memory -> Abyss Impact -> Corrosive Strike

Untuk penjelasan skill yang lebih terperinci, bisa Anda lihat di game atau laman resmi MLBB.

Combo Skill Brody

Image Credit: Moonton

Corrosive Strike -> Torn-Apart Memory -> Abyss Impact 

Sebelum memulai combo, Brody dapat menggunakan basic attack untuk mencicil HP musuh dan meninggalkan Abyss Mark. Kemudian, Anda dapat memulai combo dengan Corrosive Strike. Ketika musuh terkena efek CC Stun, Anda dapat memakai Abyss Impact dan basic attack untuk memaksimalkan stack Abyss Mark. Untuk mengakhiri combo, Anda dapat menggunakan Torn-Apart Memory yang memiliki burst damage dan jangkauan yang jauh.

Emblem Brody

Assassin Emblem – Killing Spree

Image Credit: Moonton

Emblem assassin memiliki talent yang sangat berguna untuk Brody, Killing Spree. Killing Spree dapat meningkatkan kemampuan bertahan hidup serta mobilitas Brody di teamfight. Tidak hanya itu, emblem assassin juga memiliki atribut physical attack dan physical PEN tambahan yang membuat damage Brody lebih tinggi.

Battle Spell Brody

Image Credit: Moonton

Flicker dan Sprint merupakan battle spell yang cocok untuk Brody. Kedua spell ini dapat membuat Brody menghindari skill lawan dengan mudah.

Flicker memiliki kemampuan blink yang bisa membuat Anda berpindah tempat dalam jarak tertentu secara instan, sedangkan Sprint dapat meningkatkan movement speed serta membuat Anda kebal terhadap efek CC Slow.

Build Item Brody

Image Credit: Moonton

1. Warrior Boots/Tough Boots

Sama seperti marksman lainnya, Brody memiliki atribut HP serta defense yang rendah. Untuk itu, Brody bisa menggunakan Warrior Boots atau Tough Boots yang memiliki atribut defense. Karena harganya yang murah, kedua item ini ampuh untuk memperkecil damage yang diberikan lawan di early game.

2. Blade of Despair

Blade of Despair merupakan item dengan atribut physical attack tertinggi. Karena Brody tidak memerlukan attack speed yang tinggi. Item ini cocok untuk meningkatkan damage Brody.

3. Malefic Roar

Berkat atribut dan pasif uniknya yang dapat meningkatkan physical PEN, Malefic Roar menjadi item yang sering dipakai hero physical. Dengan Malefic Roar, Brody mampu menembus physical defense lawan dan memberikan damage yang tinggi kepada musuh yang menggunakan item defense.

4. Immortality

Tidak seperti hero marksman lainnya, Brody tidak memerlukan banyak item physical untuk memberikan damage yang tinggi. Karena itu, Immortality dapat di-build lebih awal. Pasif unik item ini bisa meningkatkan kemungkinan Brody bertahan hidup. Selain itu, Immortality juga memiliki atribut physical defense serta HP tambahan.

5. Hunter Strike/Demon Hunter Sword

Hunter Strike merupakan item yang dapat meningkatkan damage serta mobilitas Brody. Item ini memiliki pasif unik yang dapat menambah movement speed sebesar 50% yang berkurang dengan cepat selama tiga detik.

Namun, jika lawan memiliki banyak hero tank, Brody dapat menggunakan Demon Hunter Sword sebagai alternatif. Demon Hunter Sword dapat meningkatkan attack speed serta meng-counter lawan yang mempunyai HP tinggi dengan pasif uniknya.

6. Item Defense (Sesuai Kebutuhan)

Untuk bertahan lebih lama di teamfight, Brody dapat menggunakan item defense seperti Antique Cuirass yang bisa mengurangi physical attack lawan, Athena's Shield yang mampu memperkecil magic damage yang diterima, atau Brute Force Breastplate yang dapat memberikan atribut movement speed, physical defense, dan magic defense.

Kelebihan dan Kekurangan Brody

image Credit: Moonton

Kuat di Laning Phase

Jangkauannya yang jauh menguntungkan Brody saat berhadapan dengan musuh di lane. Tidak hanya itu, Brody juga memiliki Abyss Impact, skill yang damage-nya akan meningkat semakin banyak target yang terkena. Dengan adanya wave minion di lane, skill ini dapat digunakan secara optimal.

Lemah terhadap Efek CC dan Burst Damage

Walaupun Brody dapat meningkatkan movement speed-nya dengan skill pasifnya, Brody tetap rentan terhadap burst damage dan efek CC yang tinggi. Karena itu, beberapa hero mage seperti Kagura, Xavier, dan Selena dapat mengeksekusi Brody dengan mudah.