26 October 2018

by Ayyub Mustofa

[Guide AOV] Tips Memilih Boots di AOV dan Dampaknya dalam Permainan

Jangan remehkan Boots, item murah ini punya dampak yang besar hingga ke late game

Arena of Valor adalah game MOBA yang penuh dengan strategi. Salah satu ciri khasnya, pemilihan item alias build di dalam pertarungan selalu punya sifat fleksibel. Memang kita dapat menentukan pilihan build sebelum ronde dimulai, tapi itu sifatnya hanya bantuan saja. Ketika permainan sudah dimulai maka adaptasi punya peran jauh lebih penting.

Salah satu jenis item yang sepele dan murah di AOV namun punya dampak besar adalah Boots (sepatu). Pemilihan Boots sering kali diabaikan oleh pemain, bahkan tidak jarang ada yang selalu menggunakan satu jenis Boots di semua pertandingan. Padahal seharusnya tidak seperti itu. Simak efek Boots AOV dan tips-tips pemilihannya di bawah ini.

Item sederhana, dampak luar biasa

Di antara jenis-jenis item lainnya, Boots memang tergolong yang termurah. Biasanya item ini dipilih sebagai item pertama atau kedua dalam permainan, karena saat itulah mulai banyak terjadi clash dan Movement Speed(kecepatan gerak) menjadi sangat dibutuhkan. Tetapi dampak Boots bukan hanya di Movement Speed saja.

Berbagai jenis Boots di Arena of Valor

Arena of Valor menyediakan enam jenis Boots untuk dipilih yang kesemuanya punya dampak relevan hingga fase late game sekalipun. Semua Boots pada dasarnya menambahkan Movement Speed sebanyak 60 poin, tapi juga memiliki efek lain. Berikut ini keenam Boots tersebut:

  • Sonic Boots: Phys. DEF +110, Normal Attack Damage -15%
  • Gilded Greaves: Magic DEF +110, Resistance +35%
  • Flashy Boots: Cooldown Reduction +15%
  • Enchanted Kicks: Magic Pierce +75
  • War Boots: Attack Speed +25%
  • Hermes’ Select: Movement Speed +60 saat di luar pertarungan

Sekilas angka-angka ini mungkin terlihat kecil, tapi sebenarnya besar sekali mengingat semua Boots punya harga sangat murah. Selain itu, berbeda dengan stat Attack Damage atau Magic Damage, kebanyakan stat yang kita dapat dari Boots dihitung menggunakan persentase. Karena itulah Boots sangat krusial dan tetap terasa berpengaruh hingga late game. Kita akan bahas perhitungan itu lebih detail di bawah.

Tips 1: Lihat komposisi tim lawan

Dua Boots yang paling umum dipakai dan sangat berpengaruh adalah Sonic Boots dan Gilded Greaves. Mengacu pada formula perhitungan damage Arena of Valor, kedua item tersebut masing-masing akan memberikan Physical Defense dan Magic Defense sebesar 15% (dari 110 Phys. DEF dan 110 Magic DEF).

Sonic Boots memberi efek khusus yaitu setiap Normal Attack yang kita terima dari musuh akan dikurangi lebih jauh sebanyak 15%. Artinya Boots ini akan sangat bagus bila kita berhadapan dengan musuh-musuh tipe “hitter” seperti Valhein, Kil’Groth, Tel’Annas, dan sebagainya. Bila tim musuh memiliki hero-hero Archer, Warrior, atau Assassin berbahaya, Sonic Boots adalah pilihan utama.

Sementara itu, Gilded Greaves punya efek khusus yang disebut Resistance. Resistance mengurangi durasi Crowd Control yang Anda terima. Ini berarti sebuah Skill yang biasanya membuat Anda terkena Stun selama 1 detik, dengan Gilded Greaves durasinya berkurang menjadi hanya 0,65 detik. Gilded Greaves bagus untuk melawan hero-hero Mage, atau hero ahli Crowd Control seperti Superman dan Lumburr.

Memilih antara Sonic Boots atau Gilded Greaves sangat penting bila Anda memainkan hero yang akan maju menyerbu saat clash. Perhatikan hero musuh apa yang memiliki potensi damage terbesar, lalu sesuaikan sepatu Anda untuk menghadapinya. Bahkan tak hanya hero lawan, tapi komposisi item lawan pun penting Anda perhatikan.

Kasus ekstrem, Valhein build full physical versus Valhein build full magic

Contohnya, bila Anda melihat lawan menggunakan Valhein, mungkin Anda akan berpikir sebaiknya membeli Sonic Boots. Tapi ada kalanya Valhein menggunakan build Magic. Begitu pula dengan beberapa hero lain seperti Arthur atau Nakroth. Jangan sampai Anda tertipu, membeli Sonic Boots tapi ternyata sumber damage musuh datang dari Magic.

Tips 2: Pahami kebutuhan hero Anda

Tiga Boots berikutnya (Flashy Boots, Enchanted Kicks, dan War Boots) adalah pilihan item yang lebih ofensif. Anda bisa memilih tiga Boots ini bila Anda bermain sebagai pemberi damage, tapi kembali ke tips pertama, perhatikan dulu komposisi hero lawan.

Contohnya, bila Anda memainkan Yorn, Anda mungkin akan tergoda untuk memilih War Boots demi Attack Speed tambahan. Tapi bila di tim lawan ada Assassin seperti Butterfly atau Zephys, ada baiknya Anda bermain lebih defensif dan memilih Sonic Boots. Ini untuk menghindari hero Anda mati cepat terkena damage dari Skill lawan.

Boots tipe ofensif bisa Anda pilih bila Anda yakin tim lawan tidak bisa melakukan gank dengan mudah terhadap Anda. Kemudian pastikan juga agar ketika clash, hero Anda selalu ada di posisi yang tidak diincar musuh.

Untuk hero tipe Mage, terkadang Anda harus memilih antara Flashy Boots atau Enchanted Kicks. Pilihan ini sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan hero Anda. Hero seperti Veera sangat butuh Cooldown Reduction, jadi Flashy Boots adalah pilihan lebih baik. Sementara hero seperti Mganga pada dasarnya sudah punya cooldown yang cepat, jadi Anda dapat memilih Enchanted Kicks untuk damage tambahan.

Ingat, nilai Cooldown Reduction maksimal dalam AOV adalah 40%. Bila Anda sudah menggunakan Flashy Boots, atur pilihan item lainnya agar Cooldown Reduction tidak berlebihan karena itu akan sia-sia. Atau, bila item selain Boots sudah mencapai angka 40%, Anda bisa mengganti Flashy Boots dengan sepatu lain.

Veera butuh Flashy Boots agar bisa cepat mengeluarkan Skill

Hermes' Select adalah sepatu yang unik, karena sifatnya tidak bisa dibilang defensif ataupun ofensif. Hermes' Select memberi Movement Speed ekstra bila Anda sedang di luar clash, jadi sepatu ini bisa digunakan untuk kabur, mempersiapkan gank, atau mengelilingi arena sebagai Observer. Anda dapat memilih sepatu ini bila butuh Movement Speed tinggi, tapi ingatlah bahwa dengan Hermes' Select, hero Anda akan jadi lebih lemah ketika terjadi clash 5-lawan-5.

Tips 3: Bila perlu, buang sepatu di late game

Terkadang pertarungan di AOV berjalan begitu sengit sehingga belum ada pemenang meski slot item Anda sudah habis. Ketika sampai di titik ini, Anda perlu mempertimbangkan untuk mengganti Boots dengan item lain yang lebih berguna. Dengan catatan, item penggantinya harus memberi keuntungan lebih besar daripada Boots.

Hero-hero seperti Nakroth, Airi, dan Murad punya mobilitas tinggi, sehingga membuang sepatu adalah pilihan mudah bagi mereka. Tetapi untuk hero yang pada dasarnya lambat seperti Natalya atau Astrid, ini justru bisa menjadi malapetaka. Membuang sepatu adalah keputusan yang cukup ekstrem, pastikan Anda sudah berpikir matang sebelum melakukannya.

Maloch, contoh hero yang bisa dimainkan ofensif maupun defensif

Tips 4: Jangan terpaku pada tips

Tips terakhir adalah tips yang paling penting ketika bermain Arena of Valor: jangan terpaku pada tips atau guide, termasuk guide yang sedang Anda baca ini. AOV merupakan game yang sangat fleksibel, oleh karena itu di sini sebetulnya tidak ada istilah "build yang salah". Tidak ada yang melarang Anda memasang Flashy Boots di Valhein, misalnya, asalkan Anda punya alasan kuat di balik keputusan itu.

Dibanding terpaku pada guide, atau meniru build dari orang lain, hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah beradaptasi. Sering-seringlah memantau hero lawan, bagaimana komposisinya, apa item yang mereka buat, serta perbedaan Net Worth antara kedua tim. Kemudian dari situ berpikirlah dengan cepat dan ambil keputusan terbaik untuk menuju kemenangan. Selamat bertarung, Challengers!