Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Dibundel Gratis Bersama GTA V, GTA Online Hasilkan Pemasukan $ 500 Juta Untuk Rockstar

13 April 2016Yoga Wisesa

Berdasarkan data terakhir, Grand Theft Auto V telah dikapalkan sebanyak 60 juta kopi.

Digarap bersamaan dengan Grand Theft Auto V, GTA Online sengaja Rockstar ramu untuk menawarkan pengalaman berbeda dalam permainan open world mereka. Ia berperan sebagai mode multiplayer GTAV, bisa diakses oleh semua pemilik game tanpa perlu mengeluarkan uang lagi. Hampir tiga tahun setelah diluncurkan, jutaan gamer masih setia menikmati GTA Online.

Meski gratis, developer Rockstar North turut membenamkan elemen microtransaction bagi pemain yang ingin mempercepat perkembangan karakter, tapi tetap diseimbangkan supaya tidak merusak gameplay. Sistem ini ternyata sangat populer. Dahulu perusahaan induk Rockstar Games, Take-Two Interactive, pernah menyampaikan bahwa micropayment memberikan kontribusi terbesar bagi perusahaan. Dan belum lama, nilainya diketahui mencapai ratusan juta dolar.

Informasi tersebut terungkap berkaitan dengan gugatan mantan presiden Rockstar North Leslie Benzies kepada Take-Two. Ia menuntut royalti yang belum dibayarkan senilai US$ 150 juta. Dari sana diketahui, in-app purchase GTA Online menyumbangkan pemasukan setidaknya sebesar US$ 500 juta bagi developer. Jumlah ini sangat banyak, buat perbandingan, microtransaction Halo 5 hanya menghasilkan US$ 1,5 juta.

Berdasarkan gugatan tersebut, GTA Online mempunyai potensi membuahkan keuntungan paling besar dibanding permainan lain di seri Grand Theft Auto. Hal ini dikarenakan margin profit di sistem microplayment-nya hampir menyentuh 100 persen, di luar biaya pengembangan. Di akhir tahun lalu, CEO Take-Two Strauss Zelnick mengungkapkan bahwa ada delapan juta gamer memainkan GTA Online tiap minggunya.

Dari data terakhir, Grand Theft Auto V telah dikapalkan sebanyak 60 juta kopi untuk seluruh platform (PC, Xbox One dan PlayStation 4, termasuk console last-gen). Pihak penggugat memperkirakan, keuntungan penjualan game berada di kisaran US$ 3 miliar. Beberapa media memprediksi, karena profit besar inilah Rockstar mengalihkan perhatian mereka sepenuhnya pada GTA Online dan menunda perilisan DLC singleplayer.

Pada tanggal 12 April lalu, Rockstar merilis update berisi mode Inch By Inch untuk GTA Online. Mode kompetitif itu memisahkan gamer menjadi dua tim: satu grup ditugaskan mengirimkan paket ke sebuah zona buat mencetak skor, dan tim lawan harus menggagalkannya. Pemain yang membawa paket tidak bisa menggunakan senjata, jadi kawan-kawannya harus sigap menjaganya.

Untuk merayakannya, Rockstar menggandakan poin GTA$ dan RP, serta menyajikan mobil baru: Vapid Minivan, tersedia di Benny’s Original Motor Works.

Sumber: Gamespot. Sumber tambahan: Polygon & Rockstar News Wire.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV