Sebuah online marketplace lokal untuk kebutuhan pembangunan rumah bernama Grya belum lama ini diluncurkan. Portal ini siap mengakomodir desainer dan orang yang membutuhkan jasa desain arsitektur, interior, dekorasi rumah dan furniture. Konsep yang diusung mirip dengan portal Bridestory. Tiap produk yang ada adalah dari vendor-vendor tertentu yang mendaftarkan diri ke dalam portal. Pengguna dapat melihat contoh produk dan rekomendasi dari yang sudah menggunakan jasa tersebut sebelumnya.
Ada dua jenis pengalaman yang berusaha disuguhkan Grya, yakni sebagai konsumen dan sebagai expert atau desainer yang akan menawarkan karyanya.
Pengalaman pengguna produk desain
Grya memiliki user experiences yang cukup mudah diadaptasi. Ketika pengguna mengunjungi halaman web akan disuguhkan pada dua kolom yang menunjukkan expert/desainer dan proyek yang sedang menjadi sorotan (featured). Pada halaman muka ada dua menu utama, yakni Discover dan menu pencarian. Menu Discover dapat digunakan untuk mempermudah pengalaman dalam memilah jenis desain yang akan dicari. Terbagi menjadi 4 kategori utama: Arsitek, Interior, Dekorasi Rumah, dan Furniture.
Pengguna yang telah memilih suatu expert atau desainer, dapat melihat contoh dan keterangan terkait ekpertise desainer tersebut. Mereka dapat memberikan rekomendasi “suka” dan mendapatkan kontak vendor tersebut. Sistem belum mengakomodir secara penuh proses transaksi di dalamnya, baru menjadi penghubung dan ajang promosi proyek dan produk. Pengunjung dapat mem-follow desainer tertentu untuk mendapatkan pembaruan dan promo yang diberikan.
Sayang sekali belum ada sistem sorting berdasarkan lokasi. Padahal ini penting, karena biasanya jasa desain interior dan dekorasi cukup memprioritaskan lokasi terdekat, karena membutuhkan survei langsung. Kendati demikian setiap desainer juga memiliki detil lokasi di profilnya masing-masing. Selain itu informasi rekomendasi juga baru sekedar tombol like, belum ada kolom testimoni. Namun yang membuat konsumen lebih yakin dengan vendor tertentu, setiap vendor akan mempublikasikan proyek yang sudah jadi sebagai rujukan.
Pengalaman sebagai desainer produk
Selain mendaftarkan diri sebagai konsumen, Grya juga membuka kesempatan bagi para desainer/penyedia jasa/vendor untuk bergabung, secara official Grya menyebutnya dengan expert. Pengguna dapat mendaftarkan diri secara gratis untuk menjadi expert. Sebagai catatan, user name dan akun email yang sudah digunakan untuk menjadi konsumen tidak bisa digunakan lagi untuk menjadi expert. Dan belum ada mode konversi.
Expert akan memiliki sebuah halaman dashboard yang bisa digunakan untuk menambahkan kontak dan mengunggah proyek desainnya. Di sana juga ada fitur untuk mengkustomisasi desain logo dan cover yang digunakan untuk menginisiasi produk. Setiap proyek yang dibuat dapat diawali dengan draft, seperti layaknya saat membuat postingan artikel blog.
Secara umum Grya saat ini lebih terlihat sebagai platform sosial untuk kebutuhan desain rumah. Belum tampak adanya layanan interaksi “jual-beli” layanan atau desain dalam platform tersebut. Meskipun demikian Grya sangat baik untuk menjadi referensi dalam pengembangan desain rumah.
Selama pengamatan beberapa hari kami masih melihat beberapa progres perbaikan yang dilakukan. Sepertinya tim pengembang juga tengah dalam proses penyempurnaan sistem. DailySocial sedang berusaha menghubungi tim pengembang untuk menanyakan lebih jauh mengenai konsep dan target pencapaian yang ingin diraih Grya.