Produsen handset yang memiliki 25% market-share di Indonesia, Nexian, datang dengan berita yang luar biasa bagi industri teknologi di Indonesia. Brand ‘Nexian’ dimiliki oleh grup Affinity yang mengurus masalah distribusi perangkat mobile dan juga distribusi koneksi seluler dari beberapa operator besar di Indonesia. Grup Affinity ini kini dalam proses finalisasi dimana grup tersebut diakuisisi oleh Spice i2i, salah satu grup telekomunikasi terbesar di Asia Tenggara.
Spice i2i sebelumnya dikenal sebagai perusahaan Singapura dengan nama Media Ring Ltd yang diakuisisi Spice Group, perusahaan holding telco berbasis di India lalu kemudian berganti nama menjadi Spice i2i. Tahun lalu Spice i2i juga mengakuisisi NewTel Corporation, produsen handset lokal terbesar kedua di Thailand dengan nilai akuisisi $22 juta. Tidak hanya itu, Spice i2i juga memiliki 35% kepemilikan di Spice CSL yang merupakan joint venture antara Spice i2i dengan perusahaan produsen handset dan VAS (Value Added Services) CSL Mobile asal Malaysia.
Affinity Group sendiri selaku pemegang brand Nexian merupakan salah satu pemain mobile lokal yang terbesar di Indonesia, dengan target market utama low-end dengan pricing yang juga sangat murah. Menurut pengumuman resmi di website Spice i2i, revenue Affinity Group tahun 2010 sendiri diperkirakan mencapai $680 juta dimana Affinity juga menjual handset ke perusahaan seperti Blackberry, HTC, Motorola dan juga layanan purna jual dan bahkan retailer.
Akuisisi ini juga berdampak sangat signifikan, dimana Spice i2i menjadi perusahaan Singapura pertama yang memiliki market share terbesar di industri mobile di Indonesia yang sedang bertumbuh luar biasa pesat.
Wow congrats Nexian! Moga2 sesudah akuisisi ini kerja sama dengan Nexian tidak akan tambah ribet..
seingat saya ini berita ini sudah dirilis beberapa minggu yang lalu deh (akhir 2010 kalau tidak salah).
btw, spice ini kan yang akhirnya membuat nexian punya hp android di dalam daftar hp yang dirilisnya. hp yang sama dari spice juga dijual di negara lain.
wow luar biasa nexian ini ya? ane juga pake nexian, hehehehe……
rilis beritanya per 25 januari lalu. Nexian Journey memang modelnya generik, form factor-nya juga digunakan oleh Spice di luaran, tapi pada saat itu belum terafiliasi.
Kalau revenue-nya $680 juta dan dibeli seharga $175 juta saja, Spice dapat deal yang benar2 bagus. Mungkin hanya dalam waktu singkat sudah balik modal.
revenue $680 juta dan dibeli $175 juta? Kok bisa?:D