Hasil Undian Grup dan Penjelasan Sistem Poin di PMPL ID 2022 Spring

Total 20 tim terbagi ke 5 grup dengan sistem poin PMPL yang berbeda dibanding musim sebelumnya.

Pertandingan menuju ajang PMPL ID 2022 Spring kian dekat, kini pihak PUBG Mobile telah mengumumkan pembagian grup dan sistem poinnya. Kompetisi ini memang membawa 20 tim terbaik dengan beberapa nama baru dari kualifikasi.

Dengan pengumuman grup dan sistem poin, maka akan terlihat potensi sengitnya pertandingan yang akan terjadi. Dari pembagian grup  tentu akan ada tim-tim favorit ditambah sistem poin yang jadi faktor penting kompetisi.

Sistem perolehan poin sangat berperan besar dari pembagian klasemen dan memengaruhi strategi tim yang akan digunakan.

Pembagian Grup PMPL ID 2022 Spring

Sumber: PUBG Mobile Esports

Benar ada 5 grup yang masing-masing berisikan 4 tim. Dalam format PUBG Mobile sendiri dalam satu pertandingan akan dimeriahkan oleh 16 tim, maka dari itu akan hadir 4 grup di setiap match day.

Dari grup A akan hadir sang juara Regular Season PMPL ID Season 4, Alter Ego. Lalu hadir persaingan dua tim penuh rivalitas BTR RA melawan EVOS Reborn di grup B.

Sumber: PUBG Mobile Esports

Tidak hanya itu, mantan juara PMPL ID Season 3 yaitu Geek Fam juga mengisi grup B.

Sistem Poin PMPL ID 2022 Spring

Sumber: PUBG Mobile Esports

Hal lain yang menarik dibahas adalah sistem pembagian poin di PMPL ID 2022 Spring. Pada musim ini, tim-tim yang berhasil meraih WWCD, lalu posisi kedua, ketiga, dan seterusnya dapat meraih pola penilaian seperti biasanya.

Lalu apa hal yang berbeda di musim ini? Bonus Point. Musim ini ada sistem tersebut yang mampu meraih poin tambahan di setiap pertandingan/ronde yang dijalani.

Sumber: PUBG Mobile Esports

Jadi bonus point bisa didapatkan oleh masing-masing peserta bila mengikuti ajang Country League di setiap minggunya. Tambahan poin ini menjadi hal yang berharga untuk lolos dari fase grup atau Regular Season.

Sumber: PUBG Mobile Esport
Sistem lain yang menarik adalah League Bonus Point yaitu poin yang diberikan kepada semua tim peserta setelah akumulasi poin dari kompetisi satu pekan. Dengan kata lain, baik dari Country League di minggu pertama hingga minggu ketiga masuk dalam skema perolehan poin pada musim ini. Jadi setiap minggunya akan ada penambahan poin di luar Regular Season dan tentunya poin yang diakumulasi diberikan sebelum Final Week digelar.
Sumber: PUBG Mobile Esport
Lalu yang terakhir adalah sistem Promotion Rules, yaitu hak spesial para peserta yang ada di babak Country Finals. Jadi akumulasi total poin yang dikumpulkan pada Country League minggu pertama hingga ketiga + League Bonus Point bisa jadi modal awal untuk babak Country Finals. Jadi pembagian poin tidak hanya berpangku pada Regular Season di musim ini, namun juga berasal dari Country League di setiap minggunya. Menarik melihat tim-tim PUBG Mobile bertanding ekstra keras untuk menjaga poinnya dari bawah klasemen masing-masing grup.