Groupon kembali melakukan akuisisi. Setelah menyelesaikan proses funding terbaru mereka, sebesar $950 juta, perusahaan yang menolak tawaran untuk dibeli Google ini kini terus memperluas pangsa pasar mereka.
Akuisisi kali ini adalah para groupon clone yang ada di negara India, Afrika Selatan serta Israel. Layanan daily deals dari India yang diakuisisi adalah Sosasta.com, kemudian dari Israel adalah Grouper.co.il, sedangkan dari Afrika Selatan adalah Twangoo.co.za.
Angka dari akuisisi tidak disebutkan, namun layanan yang baru diakuisisi ini punya pangsa pasar yang cukup baik di masing-masing negara. Seperti yang dituliskan pada rilis resminya, SoSasta memiliki pertumbuhan yang cukup pesat, hanya dalam waktu tiga bulan sejak diluncurkan, layanan ini telah menawarkan daily deals di 11 kota di India.
Grouper dikenal sebagai layanan daily deals pertama dan terbesar di Israel, sedangkan Twangoo bertumbuh cukup pesat dengan melayani penawaran di kota besar di Afrika Selatan. Ketiga layanan hasil akuisisi ini akan akan bertransisi dan berada dibawah merek Groupon dan melayani penawaran lokal dengan bahasa Inggris untuk India dan Afrika Selatan serta Hebrew untuk Israel.
Akuisisi ini juga melengkapi ekspansi pasar yang dilakukan Groupon di Asia, dengan mengakuisisi tiga layanan daily deals lokal di Hong Kong, Singapura, Filipina dan Taiwan.
Pengguna di Indonesia juga sekarang tinggal menunggu waktu untuk menikmati layanan Groupon hadir di Indonesia, meski belum secara resmi mengumumkan kehadiran mereka di Indonesia, namun beberapa kabar yang beredar telah mengindikasikan kemunculan mereka.
Di tahun 2010 Groupon telah berekspansi dari satu ke 35 negara dan telah bekerjasama dengan 58.000 bisnis lokal serta melayani lebih dari 100.000 penawaran di seluruh dunia.
Kita tahu Indonesia juga memiliki pertumbuhan groupon clone yang cukup pesat, baru-baru ini Disdus juga mendapatkan investasi dari East Ventures dan bergabung bersama dengan beberapa startup lain menjadi keluarga besar EV, dan yang lain terus mengembangkan layanan, penambahan merchant serta fasilitas baru, salah satu groupon clone yang menyasar pasar niche, yang dibahas di DailySocial beberapa hari yang lalu adalah Lapar.com yang telah memiliki pertumbuhan yang cukup pesat dan dikatakan akan menjalin kerja sama dengan layanan sistem pembayaran Doku.
Akuisisi juga menjadi salah satu strategi Groupon untuk secara cepat melakukan penetrasi di pasar terbaru mereka, dimana groupon clone yang diakuisisi telah memiliki base pengguna yang cukup besar atau setidaknya memiliki pertumbuhan yang pesat.
Via: TechCrunch, GigaOm, BusinessWire.
Gila… Pasti besar banget modal yang diglontorkan nya :p