10 September 2013

by Yoga Wisesa

Grand Theft Auto V Pecahkan Rekor Game Termahal?

Berapa banyak kira-kira uang yang dibutuhkan developer untuk membuat video game? Lima juta dolar? Dua puluh juta? Pada dasarnya kebutuhan dana untuk mengembangkan game adalah hal yang relatif, banyak game sukses yang hanya bermodalkan sedikit uang.

Namun bagaimana jika dana pembuatan sebuah game mampu membeli hampir 200 unit mobil Bugatti Veyron? US$ 266 juta, sebesar itulah jumlah uang untuk menghadirkan Grand Theft Auto V ke console game Anda.

Jumlah tersebut tentu saja bukan hanya digunakan Rockstar dan Take Two hanya untuk membuat seluruh konten GTAV, tetapi juga mereka keluarga untuk kegiatan-kegiatan marketing dan promosi yang dijalankan di berbagai negara. Menurut Kotaku, jumlah uang ini membuat Grand Theft Auto V menjadi game termahal yang pernah dibuat di sepanjang sejarah. Angka ini juga jauh mengalahkan uang yang dikeluarkan Electronic Arts, BioWare dan LucasArts (sebelum diakuisisi Disney) untuk membuat Star Wars: The Old Republic.

Satu-satunya produk 'digital' yang mampu mengalahkan Grand Theft Auto V dalam masalah pendanaan malah bukan merupakan sebuah video game, ia adalah Pirates of the Caribbean: At World's End.

Sebelum Anda menyumpah serapah karena telah membaca berita ini - masih ada jutaan anak yatim piatu yang kelaparan di luar sana - perlu diingat bahwa angka mencengangkan ini belum tentu merupakan angka yang akurat. Tidak ada bagian finance perusahaan manapaun yang secara gamblang mau membocorkan perhitungan uang mereka. Angka ini bisa jadi hanyalah perkiraan matematika kasar saja, atau bahkan sebuah manuver marketing - tidak sedikit perusahaan dunia hiburan melakukan hal ini. Dan sensasi adalah hal yang baik untuk publikasi produk mereka.

Tentu saja angka ini telah dicatat dalam buku Guinness World Records, dan Anda dapat membaca berita lengkapnya via Scotsman.com. Grand Theft Auto V akan dirilis seminggu lagi, tepatnya tanggal 17 September, untuk platform PS3 dan Xbox 360.

Sumber gambar: DigitalTrends.com.