Gaming News
for SEO
Gaming News

Benchmark Terbaru Tunjukkan GPU Intel Tempel Ketat RTX 3070 Ti

27 January 2022Adi Nawan

GPU Intel kelihatannya akan tampil menjanjikan.

Meskipun sempat mengecewakan para penggemarnya karena tidak menunjukkan secara resmi GPU perdananya pada gelaran CES 2022 lalu, namun hype terhadap GPU Intel Arc ini kelihatannya terus terbangun.

Karena meskipun masih belum jelas kapan Intel akan mengumumkan detail lineup GPU-nya, namun bocoran terbaru menunjukkan bahwa performa salah satu GPU kelas atas mereka tersebut menempel ketat dengan NVIDIA RTX 3070 Ti di beberapa tes.

Benchmark tersebut dibocorkan oleh leakerTUM_APISAK yang sebelumnya sempat membocorkan performa awal dari GPU Intel. Dalam bocoran terbarunya, kini diperlihatkan juga beberapa detail baru dari salah satu GPU Intel yang memiliki kode model DG2-512EU tersebut.

Yang paling menarik tentu adalah hasil pengujian SiSoftware yang menunjukkan bahwa GPU Intel ini dapat menghasilkan skor 9017,52 Mpix/s. Angka tersebut berhasil mengalahkan hasil skor milik NVIDIA RTX 3070 Ti yang mendapat skor 8369 Mpix/s.

Namun dalam beberapa tes lainnya, RTX 3070 Ti masih tetap mengungguli Intel Arc. Dari bocoran milik Apisak tercatat bahwa RTX 3070 Ti masih unggul dalam single-float GP.

Sehingga masih belum bisa diambil kesimpulan apakah GPU Intel ini memiliki performa di atas atau di bawah RTX 3070 Ti. Apalagi tes-tes yang dilakukan ini terbilang tidak umum dan tidak bisa dijadikan acuan sebagai performa di dunia nyatanya ketika digunakan untuk bermain game.

Meskipun sudah mampu menempel ketat RTX 3070 Ti, ada sedikit kekecewaan dari para fans Intel karena GPU tertinggi mereka masih tidak dapat menyaingi kasta tertinggi GPU pesaingnya yaitu NVIDIA RTX 3090 dan AMD 6900 XT.

Image Credit: intel

Satu hal yang kini menjadi harapan bagi para gamer tentunya adalah harga yang dapat bersaing dengan GPU NVIDIA dan AMD yang kini harganya semakin membumbung tinggi.

Bila Intel dapat memberikan harga yang menarik, sudah dapat dipastikan para pencari GPU mid-range ke high akan otomatis menjadikan GPU Intel ini sebagai alternatif utama.

Di sisi lain, Intel juga masih memiliki dua GPU kelas entry-level yaitu Arc A380 dan juga Arc A350 yang akan menjadi pesaing untuk NVIDIA GTX 1650 dan juga AMD 6500 XT.

Sayangnya hingga sekarang Intel masih belum mengumumkan kapan mereka akan meluncurkan GPU mereka ke pasaran. Namun dari website resminya, Intel masih menargetkan untuk merilis GPU mereka tersebut tahun ini.

Play video

19 May 2022

Dampak Penggunaan NFT Dalam Game #hybridhighlight

Episode pertama dari #hybridhighlight. Kali ini akan membahas tentang maraknya blockchain game dan dampak buruk dari ...

Others from #HybridTV