Dark
Light

Google – Yahoo Kandas

by
1 min read
November 6, 2008
SAN FRANCISCO - FEBRUARY 1:  Cars drive down 6...
Image by Getty Images via Daylife

Setelah gagal diakuisisi oleh Google, belakangan Yahoo mulai mengatur strategi pengiklanan dengan bantuan Google. Kedua raksasa internet ini tadinya akan membuat persetujuan mengenai advertising slot untuk keduanya. Yahoo sendiri mengambil langkah ini karena menilai rate monetisasi Google lebih baik dari pada milik Yahoo. Pembicaraan antara kedua belah pihak sudah cukup jauh, bahkan mereka sudah membuat live trial demo untuk perhitungan yang lebih detail.

Namun sayangnya pembicaraan yang sudah begitu jauh terpaksa harus disudahi. Google menarik diri dari pembicaraan kerjasama lebih lanjut dengan Yahoo dikarenakan alasan legalitas secara hukum di Amerika dan karena desakan dari investor dan rekanan Google yang khawatir dengan adanya perjanjian tersebut. Perjanjian kerjasama antara Google-Yahoo ini ditolak oleh Departemen Hukum AS karena dinilai cacat secara hukum.

Ketika draft persetujuan Google-Yahoo ini diserahkan ke Departemen Hukum AS akhir September lalu, banyak analis yang memprediksi kalau perjanjian kerjasama itu akan gagal. Bahkan minggu kemarin, Wall Street memperkuat analisis kegagalan perjanjian tersebut sangat besar untuk kandas di tengah jalan. Sampai akhirnya hari ini Google secara resmi mengumumkan membatalkan pembahasan perjanjian kerjasama dengan Yahoo.

Menurut beberapa analis pasar Wall Street, gagalnya perjanjian Yahoo dengan Google diperkirakan akan membawa Microsoft kembali bergairah untuk mengadakan perjanjian dengan Yahoo mengingat Yahoo mulai kehilangan beberapa pemain penting di perusahaannya. Namun para analis memperkirakan bahwa Microsoft akan mengambil langkah yang lebih kecil yaitu mengadakan perjanjian kerjasama di sektor mesin pencari / search engine. Sebelum hari ini, kemungkinan Yahoo menjual perusahaannya ke Microsoft hanya berkisar 10 %, namun setelah gagalnya kerjasama dengan Google maka persentase ini tentu akan terus naik.

Previous Story

Adknowledge Akuisisi Adonomics

Next Story

Real-Time FriendFeed

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan