Dark
Light

Google: Valentine Kali Ini Wanita Kalahkan Pria

1 min read
February 13, 2015

Sedikit trivia unik soal hari Valentine: 15 persen wanita di Amerika Serikiat memutuskan untuk mengirim bunga buat diri mereka sendiri, dan di Jepang, wanitalah yang paling sibuk menyiapkan coklat, sedangkan para pria terancam kegemukan. Bagaimana dengan di Indonesia? Di tahun ini, sepertinya sebuah fenomena menarik sedang terjadi.

Saling memberi bunga dan coklat merupakan tradisi Valentine yang sudah cukup lama dilakukan. Dan biasanya di hari Kasih Sayang, para pria juga tergerak membeli kado buat pasangan atau istri mereka. Namun berdasarkan data terakhir dari Google Trends (khusus untuk pasar Indonesia), kali ini wanita terbukti lebih ‘rajin’ menyiapkan bingkisan spesial. Hebatnya lagi, persentase memperlihatkan bahwa kaum Hawa mendominasi pria.

Pada minggu menjelang tanggal 14 Februari, volume pencarian ‘kado untuk pria’ mengalahkan search ‘kado untuk wanita’ sebanyak 70 persen lebih. Di level pasangan suami-istri, perbandingannya bahkan lebih jauh lagi. Kini ‘kado untuk suami’ melonjak ke 83 persen, menaklukkan ‘kado untuk istri’. Apakah hal tersebut menunjukkan antusiasme serta naiknya tingkat inisiatif? Google menyatakan, “Penilaiannya kami serahkan pada Anda.”

Apalagi tren pencarian lain terkait hari Valentine? Dalam sebulan terakhir, kata kunci ‘coklat Valentine’ naik sampai 400 persen. Kemudian ternyata ada lima kota besar di Indonesia yang menempati peringkat paling atas dalam total search keyword ‘Valentine’. Mereka adalah Denpasar, Tanggerang, Jakarta, Surabaya serta Semarang. Dan Anda akan lebih kaget lagi melihat daftar pencarian topik terpopuler selama seminggu menjelang hari Kasih Sayang di Google.co.id.

 

Info menarik: Ini Dia 5 Gadget Untuk Orang Tersayang di Hari Valentine

 

5. Kado Valentine
4. Lagu Valentine
3. Resep Coklat
2. Bunga Mawar
1. Fifty Shades of Grey

Jika belum pernah mendengarnya, Fifty Shades of Grey adalah buku karangan penulis Inggris Erika Mitchell James yang didopsi ke layar lebar (kebetulan dilepas global sehari sebelum Valentine). Kecil kemungkinan film itu tayang di sinema Indonesia karena kental dengan tema dewasa. Tahukah Anda, ternyata Fifty Shades of Grey sangat digemari kaum perempuan. 70 persen lebih pembacanya ialah wanita.

Yang terakhir, Google Trends juga merilis informasi tentang 10 video musik paling populer di YouTube dalam rentang waktu sebelum Valentine. Ini dia:

10. Ariana Grande, The Weeknd – Love Me Harder
9. Virzha – Aku Lelakimu
8. RAN – Dekat di Hati
7. Ellie Goulding – Love Me Like You Do
6. Sam Smith – Stay With Me
5. Sam Smith – I’m Not The Only One
4. John Legend – All of Me
3. Taylor Swift – Blank Space
2. Maroon 5 – Sugar
1. Cita Citata – Aku Mah Apa Atuh

Gambar header: Tech Crunch.

Previous Story

Mencegah Tagihan Listrik Bengkak dengan Colokan Listrik Pintar D-Link Wi-Fi Smart Plug

Next Story

Rhythm of Space, Ketika Musisi Bertempur di Angkasa

Latest from Blog

Don't Miss

Era Teknologi Pemasaran AI dari Google Untuk Pengiklan di Indonesia

Google menggelar acara Google Marketing Live Indonesia di Jakarta. Acara

Google Luncurkan Model AI Generatif Gemma 2 untuk Para Peneliti dan Pengembang

Tren AI generatif terus berkembang untuk mengisi berbagai kebutuhan dan