Dark
Light

Google Umumkan Chrome OS

1 min read
July 9, 2009

Selasa kemarin, raksasa internet Google mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan Google Chrome OS, sebuah sistem operasi yang mentargetkan para pengguna netbook dengan menawarkan kecepatan, kemanan, serta pengalaman berseluncur di web dan menggunakan aplikasi-aplikasi web.

Jangan sampai anda bingung antara Google Chrome OS (netbook OS) dan Android (mobile OS) , dan memang Android ini dirancang untuk bisa berjalan di atas perangkat mobile dan juga netbook. Namun Chrome OS ini dirancang untuk bisa berjalan di atas perangkat netbook hingga komputer desktop.

Dengan Chrome OS, Google sudah memulai persaingan head-to-head dengan Microsoft Windows OS yang memang akhir-akhir ini sangat mengecewakan dengan Vista dan sedang bersiap meluncurkan Windows 7.

Goggle yang memang sudah lama bermain di aplikasi berbasis cloud ini meningkatkan suhu persaingan dengan membawa cloud computing ke pasar mainstream. Dengan membawa OS yang sangat ringan dan mampu berjalan dengan baik di platform x86 dirancang untuk langsung berjalan terkoneksi ke internet dalam hitungan detik, tidak seperti Windows yang membutuhkan waktu lebih lama untuk startup.

Untuk para pengembang aplikasi, Chrome OS tidak akan berpengaruh banyak karena Chrome OS mengeksekusi aplikasi-aplikasi berbasis web layaknya sebuah browser biasa. Bahkan beberapa pihak mengatakan bahwa pada dasarnya Chrome OS ini merupakan browser OS. Dan juga dengan demikian mengadu Microsoft Office Suite dengan Google Docs, Outlook dengan Gmail, dan juga jutaan aplikasi berbasis web lainnya yang digunakan secara signifikan.

Hmm.. penasaran? Saya juga. Sayangnya Google Chrome OS ini baru dirilis tahun depan (2010) jadi sabar saja ya.

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Tolololpedia : Why So Serious?

Next Story

Adandu, Just Another Social Network?

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan