Dark
Light

Install Aplikasi Android Bisa Langsung dari Google Search?

1 min read
January 19, 2016

Ketika sukses menyebarkan “virus” Android hampir ke sebagian besar perangkat mobile, Google seperti menemukan tambang emas terpendam yang selama ini tersembunyi. Sekarang, lihat bagaimana Android menjadi platform sistem operasi mobile terbesar di dunia dan Google pun dengan leluasa menguasai ekosistem piranti lunaknya.

Kendati demikian, nafas yang membuat jantung Google berdetak adalah pencarian atau mesin pencari. Mesin pencari terus menjadi komponen vital yang perlahan namun pasti melahirkan peluang-peluang baru bagi Google. Dan Google dengan cerdas memanfaatkan mesin pencari untuk membantu mendorong perkembangan produknya yang lain. Yang terbaru Google dikabarkan sedang mencoba membuat semacam integrasi pemasangan aplikasi Android di hasil pencarian sehingga pengguna dapat langsung memasang aplikasi dari sana tanpa harus menuju ke Play Store terlebih dahulu.

Fitur yang hanya bisa bekerja di aplikasi Google ini nantinya akan menampilkan jendela baru yang terdiri dari tombol pemasangan aplikasi seperti yang ditemukan di Play Store. Integrasi ini mempersingkat prosedur pemasangan aplikasi sekaligus membuat pengguna semakin lama di mesin pencari. Sebelumnya – dan masih dirasakan sebagian besar pengguna saat ini, di mana ketika aplikasi di antara hasil pencarian diklik, maka sistem akan meneruskan penguna ke aplikasi Play Store untuk memasangnya sendiri secara manual.

Perubahan kecil tapi penting ini menurut sumber sedang digulirkan secara bertahap, Google sendiri belum memberikan keterangan resminya terkait fitur baru ini. Begitu juga soal apakah ia akan dihadirkan ke peramban Chrome dan Safari di masa mendatang.

Sumber berita Theverge dan gambar header Shutterstock.

Previous Story

Sennheiser Topang Virtual Reality Melalui Teknologi Ambeo

Next Story

Startup Indonesia Asal Surabaya Ngorder Bantu Pengelolaan Barang Para Penjual Online

Latest from Blog

Don't Miss

Google Trend di Indonesia Makin Cangih, Kini Ada Fitur Sedang Trending

Google secara resmi menghadirkan fitur Sedang Trending di Indonesia yang

Google Luncurkan AI Academy untuk Jaring Startup AI di Asia-Pasifik

Implementasi teknologi kecerdasan buatan atau AI memang berkembang pesat. Maka