Dark
Light

Google Perkenalkan Course Builder, Proyek Open Source Untuk Pembelajaran Online

by
1 min read
September 12, 2012

Google baru saja mengumumkan sebuah proyek bernama Course Builder yang merupakan sebuah proyek open source yang memungkinkan pengguna untuk melakukan eksperimen dengan pembelajaran online.

Course Builder berawal dari sebuah kursus online yang dilakukan Google bernama Power Searching with Google, program ini berjalan secara sukses dan memperoleh 155.000 siswa yang mendaftarkan diri. Atas keberhasilan ini Google berpendapat bahwa teknologi yang ada di perusahaan mereka bisa membantu pendidikan pada audiens yang lebih luas, maka teknologi yang digunakan dalam program kursus tersebut kini menjadi sebuah proyek open source bernama Course Builder.

Course Builder sendiri merupakan proyek emperimental dan akan terus dikembangkan, ini juga merupakan langkah awal bagi Google untuk masuk ke dunia pendidikan online. Google juga akan mengadakan acara komunitas untuk membantu orang menggunakan perangkat lunak ini.

Beberapa universitas ternama seperti Stanford University, Indiana University, UC San Diego, Saylor.org, LearningByGivingFoundation.org, Swiss Federal Institute of Technology in Lausanne (EPFL), dan grup universitas di Spain led by Universia, CRUE, dan Banco Santander-Universidades juga mempertimbangkan untuk menggunakan teknologi eksperimental Course Builder untuk program kursus online mereka.

Layanan atau platform kursus online memang telah ada, contohnya seperti Udacity atau Coursera, namun dua layanan ini juga mendukung pilihan baru yang disediakan Google yang bisa dimanfaatkan para pendidik ini yang memungkinkan untuk membuat kelas online.

Kode program yang bersifat open source telah dirilis, dokumentasi dan forum juga terlan tersedia agar mereka yang tertarik bisa mempelajari bagaimana mengembangkan kursus online.

Dalam beberapa minggu ke depan, Google juga akan menyediakan kesempatan bagi para pendidik untuk berbincang dengan tim dari Google lewat Google Hangouts.

Bagi Anda, pengembang yang tertarik untuk mengakses kode, dokumentasi, forum pengguna dan beberapa informasi lain bisa mengakses situs Course Builder. Info lengkap bisa dilihat di blog Google.

Tahap awal dengan perilisan kode pemrograman untuk publik ini cukup menarik, Google yang merupakan perusahaan besar di dunia teknologi, khususnya internet, kini juga memasuki segmen pendidikan. Tentunya menarik untuk melihat bagaimana para pengembang serta dunia pendidikan akan mengadopsi teknologi ini.

Via: TechCrunch.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Google Masukkan Pirate Bay ke Dalam Daftar Hitam

Next Story

Lagi, Penemu Siri Tinggalkan Apple

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan