Google Meet Perkenalkan Fitur Streaming ke YouTube

Fitur baru Google Meet ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan rapat dengan anggota yang banyak, serta fitur playback, jika ingin mengulang sebuah informasi.

Google Meet kenalkan fitur Streaming ke YouTube. Cara baru dan mudah untuk buat video podcast saingi Discord?

Rapat atau meeting secara online, kini sudah menjadi sebuah normalitas baru, sejak pandemi Covid-19. Selain mudah dilaksanakan, kegiatan ini bisa dilakukan di mana saja. Pengguna hanya membutuhkan gawai dan koneksi internet yang stabil.

Google Meet merupakan salah satu aplikasi milik Google, yang sering digunakan untuk melakukan pertemuan online, misalnya saja seperti kelas, kuliah, pertemuan, hingga rapat. Demi kenyamanan pengguna, Google baru saja memperkenalkan sebuah fitur yang cukup menarik. Kini, kegiatan yang dilakukan melalui Google Meet, bisa disiarkan secara langsung di YouTube.

Lalu, apakah manfaatnya? Google menjelaskan bahwa, pertemuan ini bisa disaksikan oleh pihak-pihak dari luar organisasi atau perusahaan. Fitur ini juga memampukan pengguna untuk melakukan rewind ke beberapa detik sebelumnya, tanpa perlu mengganggu alur pertemuan.

Pengguna juga bisa menyimpan rekaman siaran langsung ini, untuk ditonton di lain waktu, tanpa perlu menghadiri pertemuan.

Untuk mengakses fitur ini, Anda tinggal membuka Activities Panel di Google Meet, lalu buka Live Streaming dan pilih kanal YouTube yang diinginkan. Pengaturan ini hanya diberikan kepada Admin saja.

Namun, untuk mendapatkan akses ini, kanal YouTube Anda harus terlebih dahulu diterima oleh pihak Google untuk melakukan siaran langsung. Google mengatakan bahwa proses ini bisa memakan waktu hingga 24 jam. Untuk detail lebih lengkapnya, Anda bisa cek di sini.
Untuk ketersediaannya sendiri, Google menjelaskan bahwa fitur ini akan tersedia untuk pengguna:
  • Google Workspace Enterprise Starter, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Plus, dan Teaching & Learning Upgrade.
  • Google Workspace Individual.
  • Google One Premium di beberapa negara saja.
Fitur ini tidak akan tersedia untuk pengguna Google Workspace Essentials, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Education Standard, Education Fundamentals, Frontline, dan Nonprofits, serta legacy G Suite Basic dan Business.
Nantinya perilisan fitur ini akan dibagi ke dalam dua tahap. Untuk tahap "Rapid Release" pada tanggal 21 juli 2022, dan tahap kedua yaitu "Scheduled Release" pada tanggal 25 Juli. Perbedaan dari kedua tahap itu hanyalah perilisan video yang memiliki delay berbeda. Tahap pertama 3 hari, dan tahap kedua di 15 hari.