Mobile
for SEO
Mobile

Google Luncurkan Aplikasi YouTube Kids untuk Anak-Anak (Update)

23 February 2015Glenn Kaonang

Saya memiliki keponakan berusia empat tahun yang sangat senang menonton video-video YouTube di iPad. Saat bertemu istri saya usai sekolah, ia selalu meminjam iPad Mini dan langsung membuka aplikasi YouTube untuk menonton video-video terbaru yang muncul di “My Subscription”.

Video-video yang ditonton seringkali seputar tutorial make up – istri saya banyak subscribe ke channelchannel milik beauty vlogger yang populer seperti Michelle Phan dan Zoella. Sejauh ini keponakan saya senang-senang saja menonton video-video tersebut meski kemungkinan besar ia belum bisa memahami apa yang ia lihat dan dengarkan. Namun bukankah lebih baik lagi jika sang bocah bisa belajar sesuatu sekaligus menikmati hiburan yang sesuai dengan usianya?

Mulai tanggal 23 Februari ini, keponakan saya beserta jutaan anak lainnya dapat menikmati tontonan yang sesuai dengan umur mereka. Google akan meluncurkan aplikasi baru bernama YouTube Kids yang menjanjikan konten-konten video yang ideal untuk anak-anak.

Dalam aplikasi YouTube Kids, video-video akan dibagi menjadi empat kategori utama: Shows, Music, Learning dan Explore. YouTube Kids juga akan menghadirkan konten hasil kurasi oleh partner YouTube seperti Jim Henson TV, DreamWorks TV dan Mother Goose Club – di Indonesia mungkin partner yang dipilih akan berbeda.

Info menarik: Vine Kids, Aplikasi Vine Untuk Anak-Anak Dengan Konten Yang Lebih Aman

YouTube Kids 02

Selain konten, fitur dan tampilan aplikasi YouTube Kids sendiri telah dirancang sesuai dengan kebutuhan anak-anak. Yang utama adalah icon dan thumbnail berukuran lebih besar. Kemudian anak-anak juga bisa melakukan pencarian dengan perintah suara ketimbang harus mengetik.

Para orang tua juga bisa menetapkan durasi waktu tertentu untuk anak-anaknya – saat waktu sudah habis, aplikasi YouTube Kids akan meminta mereka untuk memasukkan kata sandi agar bisa lanjut menikmati konten. Lebih lanjut, fitur Comment juga telah ditiadakan dalam YouTube Kids.

Yang tidak kalah menarik adalah bagaimana YouTube Kids bisa mengantisipasi keisengan atau kepolosan para anak. Jika mereka mengetikkan kata-kata tertentu seperti “sex” – sengaja atau tidak – maka aplikasi akan menampilkan pesan “Try something else”.

Seperti yang telah saya sebutkan, YouTube Kids akan hadir mulai tanggal 23 Februari ini. Pada awalnya, YouTube Kids hanya dapat diunduh oleh pemilik perangkat Android saja – versi iOS-nya akan menyusul. Saat mencoba mencari di Play Store aplikasi ini belum tersedia, mungkin ada perbedaan waktu rilis untuk banyak wilayah.

Update: Google secara resmi telah mengumumkan rilis aplikasi ini. YouTube Kids sudah bisa diunduh di Play Store dan App StoreApp Store.

Sumber: USA Today dan Engadget.

Play video

24 May 2022

[Review] Samsung Kelas Menengah Galaxy A23 Vs Galaxy A13, Pilih Mana?

Buat kalian yang lagi mencari smartphone Samsung dengan fitur komplet, tetapi punya budget terbatas. Maka jawabannya ...

Others from #HybridTV