Dark
Light

Google Lakukan Uji Fitur Pada Fasilitas Pencarian Mereka

1 min read
August 23, 2010

Google dikabarkan sedang melakukan tes atas fitur baru mereka, yang memungkinkan pengguna untuk, tidak hanya mendapatkan rekomendasi atas kata kunci yang diketikkan di kotak pencarian tetapi juga mendapatkan perubahan hasil pencarian yang terjadi secara langsung.

Jika Anda pengguna Mac, fitur ini mirip dengan apa yang didapatkan jika kita melakukan pencarian menggunakan Spotlight. Jadi ketika kita mengetikkan kata kunci yang ingin kita cari pada kotak pencarian di situs Google, maka hasil pencarian juga akan berubah secara langsung mengikuti kata kunci yang kita ketikkan, pengguna tidak perlu lagi menekan tombol Enter untuk melihat daftar hasil pencarian. Jika kata kunci yang kita ketikkan telah penuh sebagai kalimat maka hasil pencarian dari kata kunci tersebut akan muncul di posisi paling atas pada hasil pencarian.

Seperti yang dituliskan TechCrunch, uji fitur ini telah dikonfirmasi oleh Google, bahwa mereka memang sedang uji fitur ‘streaming search’ ini. Fitur ini sepertinya ditemukan pertama kali oleh seorang konsultan SEO Rob Ousbey yang juga merekam video dalam melakukan tes atas hasil pencarian, berikut video yang diambil dari blog Rob Ousbey.

Jika Anda perhatikan video tersebut, akan ada tautan pilihan untuk mematikan streaming hasil pencarian ini, yang berada dibagian kanan kotak pencarian, bisa jadi ini merupakan salah satu pilihan yang diberikan Google jika ada pengguna yang melakukan pencarian dan tidak ingin hasil pencarian berganti secara langsung, atau mereka yang melakukan pencarian dengan koneksi internet yang kurang bagus.

Selain hasil pencarian yang berubah secara langsung, kolom iklan dibagian kanan juga berubah sesuai dengan kata kunci yang diketikkan pengguna. Namun, seperti yang dituliskan oleh Mashable, Google sering melakukan uji produk atau fitur seperti ini pada pengguna terbatas, dan beberapa dari fitur yang diuji ini ada yang muncul ke publik ada yang tidak, jadi kita harus menunggu apakah fitur ini akan benar-benar diluncurkan Google atau tidak.

Apakah ada dari Anda yang bisa mengunakan fitur pencarian terbaru ini? Jika ada, Anda bisa membagikan pengalaman Anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

GeoKuliner Memetakan Lidah Kita

Next Story

Yang Harus Dimiliki Startup: Blog dan Alamat Email ‘Yang Menjawab’

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan