Dark
Light

Google Dikabarkan Melakukan Uji Fitur ‘Full Page Preview’ Untuk Hasil Pencarian

1 min read
October 7, 2010

Google dikabarkan sedang melakukan uji fitur baru untuk layanan Google Search. Fasilitas baru ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan secara penuh preview halaman situs dari hasil pencarian.

Ketika pengguna menggeser mouse pada bagian ikon kaca pembesar dari hasil pencarian, maka nantinya disebelah hasil pencarian itu akan muncul kotak yang menampilkan secara penuh preview dari tujuan alamat situs dari hasil pencarian. Seperti yang dituliskan oleh TheNextWeb, dalam fitur ini Google juga memberikan ‘tanda’ tambahan untuk area tertentu yang mencantumkan kata kunci yang digunakan untuk melakukan pencarian.

Tidak semua pengguna mendapatkan fitur ini pada fasilitas Google Search mereka, namun seorang konsultan CEO Patrick Altoft juga menemukan fitur ini ketika ia melakukan pencarian dengan Google. Hal yang paling menarik dari fitur ini, seperti yang dituliskan pada blognya adalah ‘tanda’ yang diberikan Google berupa kotak berwarna oranye pada bagian situs dari hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci, serta memperbesar bagian ini untuk memberikan kemudahan bagi pengguna dalam membaca dan melakukan pengecekan apakah situs tersebut merupakan situs yang diharapkan dari hasil pencarian atau bukan.

Jika benar Google akan meluncurkan fitur ini secara luas maka, bagi pengguna fitur ini akan sangat membantu dalam menghemat waktu ketika melakukan pencairan, minimal pengguna tidak perlu lagi untuk membuka tautan dari hasil pencarian, namun bisa melihat dulu preview dari hasil pencairan itu sebelum memutuskan untuk membukanya pada jendela baru.

Namun, seperti juga menjadi perhatian beberapa pengamat adalah permasalahan yang berhubungan iklan dan pageviews. Ketika muncul kotak preview dari hasil pencarian maka kemungkinan pengguna tidak akan melakukan klik pada tautan dari hasil pencarian, cukup melihat tampilan preview saja. Seperti yang dituliskan oleh ReadWriteWeb, pertanyaan lain yang mungkin muncul adalah seberapa real-time, preview dari hasil pencarian ini, apakah tampilan preview sesuai dengan kondisi real-time situs yang menjadi tujuan hasil pencarian atau tidak.

Google sendiri beberapa waktu yang lalu, baru saja melakukan penambahan fitur yang cukup signifikan pada mesin pencari mereka, yaitu Google Instant, yang memungkinkan pengguna mendapatkan hasil pencarian secara langsung tepat ketika mereka mengetikkan kata kunci tanpa harus menekan tombol enter. Apakah fitur full page preview ini merupakan lanjutan dari fasilitas Google Instant? Kita lihat perkembangan selanjutnya dari Google.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Apakah Facebook Akan Melakukan Perubahan Besar-besaran?

Next Story

Tiga Fitur Baru Facebook Jauh Dari Yang Dikira Banyak Orang

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan