6 March 2017

by Glenn Kaonang

Google Konfirmasi Bakal Luncurkan Smartphone Pixel 2 Tahun Ini

Penerus Google Pixel dan Pixel XL ini juga masih akan menduduki segmen premium, dan Google tidak punya rencana untuk merilis Pixel versi murah

Pekan lalu, kita telah menerima penjelasan dari Google terkait kelanjutan dari lini Chromebook Pixel. Pimpinan divisi hardware Google, Rick Osterloh, mengatakan pada saat itu bahwa mereka tidak berniat untuk merilis laptop baru dalam waktu dekat. Kalaupun Google merilis laptop lagi ke depannya, bisa dipastikan perangkat tersebut tidak mengusung nama Pixel.

Salah satu alasannya adalah nama Pixel sekarang sudah diasosiasikan dengan smartphone. Baik Google Pixel dan Pixel XL menerima banyak pujian dari reviewer maupun konsumen, dan satu-satunya masalah yang melanda ponsel tersebut adalah mengenai stok yang tidak bisa mencukupi permintaan konsumen.

Lalu apakah Pixel hanya sebatas eksperimen Google di pasar smartphone? Tidak, kalau berdasarkan penjelasan dari Rick Osterloh baru-baru ini, Google berkomitmen untuk terus melanjutkan lini smartphone-nya itu, dan menyesuaikan tren industri dimana pabrikan merilis generasi baru setiap tahunnya, Google juga akan mengambil langkah yang sama.

Rick memastikan kalau penerus Google Pixel dan Pixel XL akan hadir tahun ini juga meski beliau tidak bisa memberikan jadwal pastinya. Kalau mengikuti kejadian tahun lalu, besar kemungkinan Google akan mengungkapnya pada kuartal terakhir tahun ini, antara bulan September – November.

Rick juga tidak lupa menegaskan bahwa Pixel 2 masih akan menduduki segmen premium seperti pendahulunya, dan Google tidak berniat untuk merilis Pixel versi menengah ke bawah yang dibanderol lebih terjangkau. Beliau secara tak langsung mengatakan kalau segmen itu biarlah pabrikan-pabrikan lain yang menguasai.

Terkait pembaruan-pembaruan apa saja yang bakal dibawa Google Pixel 2 sejauh ini baru sebatas spekulasi saja. Namun kalau saya diminta untuk memberi masukan, jawaban pertama saya adalah bodi tahan air. Meski tidak bisa dikatakan sebagai fitur yang esensial, fakta bahwa iPhone 7 memiliki bodi tahan air secara tak langsung telah menetapkan standar baru di segmen smartphone premium.

Sumber: AndroidPIT.