Dark
Light

Google Kini Terima Aplikasi Mobile untuk Google Play for Education

1 min read
June 25, 2013

Pada ajang Google I/O beberapa waktu lalu, Google untuk pertama kalinya memperkenalkan Google Play for Education. Sebagai bagian khusus dari Google Play Store, Google Play for Education ditujukan untuk menjual produk-produk tablet, buku, video, dan aplikasi-aplikasi yang berkaitan dengan pendidikan.

Baru-baru ini Google akhirnya secara resmi mulai membuka kesempatan bagi para pengembang aplikasi mobile untuk mulai mengirimkan aplikasi-aplikasi pendidikan yang hendak dipasarkan di Google Play Store. Aplikasi-aplikasi yang dikirimkan oleh pengembang ini nantinya akan diperiksa oleh sekumpulan praktisi pendidikan yang bekerjasama dengan Google. Dalam proses ini, aplikasi-aplikasi akan dipastikan sudah sesuai dengan mata pelajaran dan kelas tertentu. Aplikasi-aplikasi di Google Play for Education diwajibkan memenuhi standar dari Google untuk memastikan bahwa aplikasi-aplikasi tersebut bisa digunakan untuk proses belajar mengajar di ruang kelas.

Sayangnya, hingga saat ini aplikasi-aplikasi Google Play for Education baru kompatibel dengan sistem pengajaran dan kurikulum pendidikan untuk usia sekolah dasar dan menengah di Amerika Serikat. Meskipun jika mengingat ini adalah tahun pertama Google Play for Education, wajar jika Google mentargetkan pasar untuk negara asalnya terlebih dulu. Apalagi menyesuaikan aplikasi dengan standar sistem pendidikan memang bukan perkara yang mudah.

Saya sendiri melihat langkah Google masuk ke pasar pendidikan ini merupakan langkah yang sangat strategis. Dengan sejak dini memperkenalkan anak-anak pada ekosistem Google di sistem operasi Android, Google nampaknya berharap ke depannya generasi berikut akan lebih terbiasa dengan beragam aplikasi mobile ketimbang aplikasi-aplikasi desktop yang saat ini pasarnya masih dikuasai oleh Microsoft.

Lebih lengkap mengenai Google Play for Education bisa dilihat di tautan ini.

[gambar via]

This mobile channel is brought to you by Samsung Developer Competition 2013. SDC ’13 is an app competition for Android apps that leverage Samsung’s mobile technologies. For more information please visit http://techne.dailysocial.net/sdc.

Previous Story

5 Brand Paling Populer di Instagram

Next Story

Samsung Tutup Bisnis Desktop PC?

Latest from Blog

Don't Miss

Tablet-8-Juta-Buat-Kerja,-Pilih-Xiaomi-Pad-6S-Pro-atau-OPPO-Pad-2-1

Tablet 8 Juta Buat Kerja, Pilih Xiaomi Pad 6S Pro atau OPPO Pad 2?

Tren work from anywhere (WFA), membuat penggunaan tablet yang dilengkapi
Samsung-Galaxy-Z-Fold6-atau-Galaxy-Z-Flip6,-Mana-yang-Lebih-Cocok-untuk-Anda

Samsung Galaxy Z Fold6 Vs Galaxy Z Flip6, Mana yang Lebih Cocok untuk Anda?

Samsung Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 adalah dua