Dark
Light

Google Kembangkan Fitur Pencarian Konten Personal

1 min read
January 11, 2012

Pencarian di mesin pencari Google semakin menghasilkan data yang personal. Selain hasil pencarian yang biasa, sekarang Google juga menampilkan informasi personal yang berkaitan dengan profil kita di Google+. Post, photo, profil teman-teman kita yang ada di Google+ sekarang akan menjadi rujukan bagi hasil pencarian Google Search. Hasilnya bakal ditampilkan di halaman pertama pencarian. Sign in ke akun Google+ mutlak diperlukan bagi Google untuk menampilkan pencarian ini.

Secara garis besar, ada tiga fitur baru yang berkaitan dengan hasil pencarian Google. Pertama adalah Personal Results, di mana kita bisa menemukan foto dan post yang dimiliki oleh orang-orang di lingkaran Google+ yang kita miliki. Kedua adalah penampilan Profiles di Search baik secara autocomplete maupun hasil pencarian untuk menemukan orang-orang yang kita inginkan, dan yang terakhir adalah People and Pages yang akan muncul berkaitan dengan topik atau area minat yang dicari.

Fitur-fitur baru ini melanjutkan arahan baru pencarian dalam Google yang semakin sosial. Jaman sekarang fungsi jaringan sosial mungkin sudah mulai menggantikan SEO untuk mendapatkan peringkat teratas. Selain itu, ini  merupakan bagian dari usaha keras Google untuk mempromosikan Google+, menyaingi platform jaringan sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter. Hingga akhir tahun 2011 tercatat Google+ memiliki 62 juta pengguna, meskipun tidak ada data tentang berapa banyak orang yang menggunakannya secara rutin.

Dengan demikian, jika ingin mendapatkan posisi teratas untuk suatu kata kunci pencarian,kita bisa melakukan eksperimen dengan suatu Google+ post. Jika post tersebut mendapatkan banyak +1 dan komentar, serta memiliki kata-kata yang relevan dengan suatu kata kunci, seharusnya post tersebut akan mendapatkan halaman pertama — atau bahkan di urutan atas dari pencarian.

Per tulisan ini dibuat, hasil pencarian yang menampilkan konten yang berhubungan dengan profil Google+ belum tertampil, meskipun saya mencobanya dengan sekaligus sign in di profil G00gle+ yang saya miliki. Google sendiri menyebutkan bahwa perubahannya terjadi “hari ini”, sehingga kita bisa mengekspektasikan bahwa hal ini bakal diimplementasikan secepatnya.

Jika Anda menginginkan penjelasan lebih lanjut tentang fitur ini, silakan simak video promosi berikut:

Previous Story

Transcorp Launched Television Streaming Application MyTrans

Next Story

Opera Rambah Smart TV dengan Opera TV Store

Latest from Blog

Don't Miss

Google Trend di Indonesia Makin Cangih, Kini Ada Fitur Sedang Trending

Google secara resmi menghadirkan fitur Sedang Trending di Indonesia yang

Google Luncurkan AI Academy untuk Jaring Startup AI di Asia-Pasifik

Implementasi teknologi kecerdasan buatan atau AI memang berkembang pesat. Maka