Dark
Light

Google Jabarkan Enam Fitur Baru Android, Peringatan Gempa Salah Satunya

1 min read
June 17, 2021

Google telah mengumumkan enam fitur baru yang dipastikan akan hadir pada perangkat berbasis OS Android. Fitur yang menjadi sorotan utama adalah sistem peringatan gempa, di mana pengguna Android di daerah yang terkena dampak akan mendapatkan peringatan beberapa detik sebelum gempa terjadi sehingga bisa mengambil tindakan perlindungan.

Sejauh ini fitur tersebut telah tersedia di New Zealand dan Yunani, kemudian berlanjut menuju Turki, Filipina, Kazakhstan, Kyrgyz Republic, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Google akan memprioritaskan ketersediaan sistem peringatan gempa di negara-negara dengan risiko gempa yang lebih tinggi.

Lima fitur lain berkaitan dengan aplikasi Google dan Android Auto. Mulai dari aplikasi Messages, yaitu Anda dapat memberi bintang pada SMS penting sehingga dikemudian hari bisa mencarinya dengan lebih mudah. Cara penggunannya cukup ketuk dan tahan pesan, lalu pilih bintang.

Kemudian ada fitur bernama Contextual Emoji Kitchen suggestion di aplikasi papan ketik Gboard di dalam bahasa Inggris, Spanyol, dan Portugis. Fitur ini membantu pengguna menemukan kombinasi emoji yang tepat sesuai dengan pesan yang diketik.

Fungsi Google Assistant juga terus menerus mendapat peningkatan, kini Anda dapat memberi perintah tugas-tugas yang lebih spesifik. Ucapkan ‘hey Google, shortcuts‘ untuk mengetahui daftar perintah yang didukung. Untuk mengakses Voice Access cukup dengan melihat layar, karena kini dapat mendeteksi tatapan pengguna.

Terakhir terkait Android Auto, mulai dari user experience yang lebih dapat disesuaikan. Bisa mempersonalisasi launcher dari smartphone dan mengatur mode gelap secara manual. Penelusuran konten menjadi lebih mudah, dengan tab baru di aplikasi media, opsi ‘back to top’, dan tombol bilah gulir dari A hingga Z. Proses menghubungkan Android Auto saat pertama kali menjadi lebih cepat dan fitur seperti EV charging, parkir, dan navigasi juga telah tersedia di Android Auto.

Sumber: GSMArena

 

Previous Story

Xiaomi Luncurkan Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra: Smartphone seri Mi 11 Termurah dan Termahal

Next Story

The Inevitable Decline of Digital Content Quality

Latest from Blog

Don't Miss

realme Rilis C63, Punya Kamera 50MP dan Fitur Pengisian Daya Cepat

realme meluncurkan smartphone baru, yaitu realme C63. Salah satu fitur

Chromebook Makin Cerdas dengan Sentuhan AI dari Google

Google tengah gencar mengintegrasikan fitur-fitur berbasis Artificial Intelligence (AI) ke