Dark
Light

Google I/O 2012 : Dari Jelly Beans sampai Google+ Events

1 min read
June 29, 2012

Event tahunan Google I/O mulai digelar Rabu kemarin di Moscone Center, San Francisco. Dalam acara pembukaan Google I/O kemarin, Google mengumumkan sejumlah pengumuman penting tentang perkembangan perusahaan tersebut. Diantaranya tentang Android, tentang produk-produk hardware Google, juga tentang layanan Google lainnya. Simak beberapa berita yang mungkin perlu Anda tahu yang disajikan secara singkat berikut ini :

Android 4.1 : Jelly Beans

Dengan setiap hari 1 juta perangkat Android diaktifkan, sampai saat ini terdapat sekitar 400 juta perangkat Android di seluruh dunia. 400 juta perangkat ini, menjadi pasar bagi 600 ribu game dan aplikasi Android. Secara total, game dan aplikasi tersebut diunduh sebanyak 2 juta kali di 190 negara di seluruh dunia. Walaupun pasar Android terbuka untuk aplikasi berbayar, tetapi sebenarnya 50% dari total pendapatan dari aplikasi Android didapatkan dari format monetasi in-app purchase.

Pada kesempatan kali ini Google juga mengumumkan versi terbaru Android, yakni Android 4.1 dengan nama Jelly Beans. Android terbaru ini diklaim dapat meningkatkan performa dan tampilan, juga dilengkapi dengan fitur pencarian terbaru yang dinamakan Google Now. Google Now serupa dengan Siri untuk iOS. Google Now menyediakan semua informasi yang diinginkan oleh pengguna terutama berkaitan dengan lokasi pengguna.

Nexus 7, Nexus Q, dan Google Glass

Pada Google I/O kali ini, Google mengenalkan 3 produk hardware-nya : tablet Nexus 7, Nexus Q, dan Google Glass. Tablet Nexus merupakan pesaing Kindle Fire milik Amazon, sebuah tablet yang dijual dengan harga murah namun membuat pelanggan terikat dengan ekosistem agar pelanggan membeli konten-konten dari pasar yang disediakan.

Sedangkan Nexus Q disebut sebagai “social streaming media player”. Sebuah perangkat hiburan berbasis Android. Sedangkan Google Glass adalah proyek Google untuk menghadirkan teknologi augmented reality ke dalam dunia nyata dengan menggunakan kacamata. Kacamata ini mulai dijual Google khusus kepada pengembang di Amerika dengan harga 1.500 dollar Amerika.

Chrome untuk Android Dirilis

Dalam Google I/O ini, Google juga mengungkapkan telah mengeluarkan versi rilis Chrome untuk Android 4.0 ke atas. Untuk Jelly Beans, Chrome bahkan akan menjadi peramban bawaan. Selain itu, Google juga akan membawa Chrome Experiments ke perangkat mobile. Chrome Experiments, sebuah proyek untuk mencoba fitur-fitur HTML5, bisa diakses dengan berbagai macam peramban untuk berbagai platform.

Setengah Pengguna Google+ Login Setiap Hari

Layanan sosial media Google, Google+ juga turut dipromosikan pada event Google I/O ini. Diantaranya, Google mengumumkan aplikasi Google+ untuk tablet, baik Android dan iOS. Aplikasi ini mempunyai fitur yang sama dengan versi web dari Google+. Selain itu, Google menambahkan fitur baru pada Google+, yakni Events dimana pengguna Google+ dapat merencanakan sebuah acara melalui Google+.

Meskipun seperti tak terlalu terdengar, Google+ mempunyai lebih 250 juta akun, dengan 150 juta diantaranya akitf secara bulanan. 50% di antara pengguna Google+ tersebut masuk ke dalam Google+ setiap hari dan rata-rata menghabiskan 12 menit sehari dalam halaman Stream Google+.

Sumber Berita dan Gambar : The Next Web.

Previous Story

IM2 Ajak UKM Buka Toko Online Melalui Tokoon

Next Story

[EVENT] Registrasi Early Bird Asia E-Commerce Conference 2012 Dibuka

Latest from Blog

Don't Miss

Harga-vivo-V40-5G-Naik,-Apa-Mending-Sekalian-Pilih-realme-GT6

Pilih vivo V40 5G yang Baru Rilis, Atau Sekalian Pilih realme GT6?

Sedang mencari smartphone dengan kemampuan kamera mumpuni? Karena mulai serius
Tablet-8-Juta-Buat-Kerja,-Pilih-Xiaomi-Pad-6S-Pro-atau-OPPO-Pad-2-1

Tablet 8 Juta Buat Kerja, Pilih Xiaomi Pad 6S Pro atau OPPO Pad 2?

Tren work from anywhere (WFA), membuat penggunaan tablet yang dilengkapi