Dark
Light

Berkat Style Ideas, Google Jadikan Image Search Sebagai Pusat Inspirasi Fashion

1 min read
April 17, 2017

Google belum lama ini meluncurkan fitur yang sangat menarik untuk pengguna perangkat mobile. Dijuluki “style ideas“, fitur ini sejatinya ditujukan untuk memberikan inspirasi terkait produk-produk fashion atau lifestyle.

Mendengar deskripsinya, saya langsung teringat dengan fitur Visual Search dan Lens garapan Pinterest, dan mungkin saja Google memang mengambilnya sebagai inspirasi. Singkat cerita, saat Anda melakukan pencarian gambar produk fashion, Google Image Search kini akan menyajikan deretan gambar yang menunjukkan bagaimana produk tersebut kelihatan saat dipakai seseorang.

Jadi selain gambar produk-produk terkait, Google sekarang juga akan menampilkan foto model bersama produk yang sedang Anda amati tersebut – bisa tas, bisa celana atau bisa juga sepatu hak tinggi. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai cocok-tidaknya suatu tas atau sepatu dengan gaya berbusana Anda secara keseluruhan.

Tampilan fitur "similar items" dan "style ideas" pada hasil pencarian gambar Google / Google
Tampilan fitur “similar items” dan “style ideas” pada hasil pencarian gambar Google / Google

Sama seperti Pinterest, Google juga memanfaatkan algoritma machine learning dalam merealisasikan style ideas. Deretan gambar yang ditampilkan juga telah diurutkan dengan prioritas pada tipe produk tertentu sekaligus yang berasal dari situs-situs yang dapat dipercaya.

Style ideas (atau “ide gaya” dalam Google Indonesia), saat ini sudah tersedia pada aplikasi Google untuk Android maupun Google versi mobile web.

Sumber: TechCrunch dan Google.

Previous Story

Yacademy Boyong Tiga Startup Malaysia Ekspansi ke Indonesia Lewat Program “Market Immersion”

Next Story

Empat Cara Tepat Mempertahankan Pegawai Terbaik

Latest from Blog

Don't Miss

Era Teknologi Pemasaran AI dari Google Untuk Pengiklan di Indonesia

Google menggelar acara Google Marketing Live Indonesia di Jakarta. Acara

Google Luncurkan Model AI Generatif Gemma 2 untuk Para Peneliti dan Pengembang

Tren AI generatif terus berkembang untuk mengisi berbagai kebutuhan dan