Dark
Light

Google Hadirkan Google Cast for Audio

1 min read
January 6, 2015

Jika sebelumnya Apple memiliki aplikasi Apple AirPlay untuk memainkan file audio ke perangkat audio yang mendukung AirPlay maka kini Google memiliki layanan serupa yang disebut sebagai Google Cast for Audio.

Baru-baru ini pihak Google telah mengumumkan keberadaan layanan Google Cast for Audio, dengan fasilitas ini nantinya pengguna dapat memutar musik favorit mereka ke perangkat pemutar audio (speaker) yang telah memiliki dukungan terhadap fitur ini.

Saat tulisan ini dibuat, speaker dan perangkat audio yang dijejali dengan API Google Cast belum tersedia di pasaran, pihak Google baru akan merilisnya pada musim gugur tahun ini di AS.

Pihak Google juga menyebutkan bahwa aplikasi ini dapat bekerja tidak hanya dengan perangkat smartphone dan perangkat tablet Android saja, namun dapat juga berjalan pada perangkat dengan platform iOS dan aplikasi browser Chrome yang berjalan pada lingkungan Mac OS dan Windows di perangkat PC.

 

Info menarik: SteelSeries Sentry Mungkin Akan Menjadi Terobosan Terbesar di Lini Periferal Gaming

 

Aplikasi Google Cast for Audio juga dapat bekerja dengan beberapa layanan aplikasi musik populer yang saat ini ada, seperti Gogle Play Music, Pandora, NPR One, TuneIn, Songza, Rdio dan iHeart Radio. Namun saat tulisan ini kami buat Spotify dan Deezer tidak muncul dalam daftar aplikasi yang mendukung layanan ini.

Untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna hanya tinggal menekan tombol Cast pada pernagkat yang mereka gunakan dan lagu akan dimainkan secara streaming dari layanan cloud ke perangkat speaker yang mendukung dengan kualitas suara yang telah ditingkatkan.

Dalam situs resmi disebutkan bahwa pihak Google telah melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan elektronik seperti Sony, LG, dan HEOS by Denon untuk membuat perangkat speaker yang telah mendukung fitur ini.

Menariknya, seperti yang dikutip dari TheVerge, pihak Sony dan Denon bahkan akan merilis sebuah produk yang mendukung baik itu fitur dari Google Cast maupun Apple AirPlay.

Berikut adalah video demo yang menampilkan layanan Gogle Cast or Audio tersebut:
https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=8q0yZomXuSw

Sumber: The Verge dan Google

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Prediksi Belanja Iklan Digital di Indonesia Tahun 2015

Next Story

Lenovo Tambahkan Vibe X2 Pro Spesialis Selfie dan P90 Dalam Jajaran Handset Mereka

Latest from Blog

Don't Miss

Pixel 9 Pro XL: ‘Kembaran’ iPhone yang Hampir Sempurna

Tulisan berikut ini adalah tulisan tamu oleh Aryo Meidianto –

Google Trend di Indonesia Makin Cangih, Kini Ada Fitur Sedang Trending

Google secara resmi menghadirkan fitur Sedang Trending di Indonesia yang