Dark
Light

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

1 min read
May 13, 2024

Google membuka pelatihan online bernama Cloud Skills Boost, sebuah platform yang menawarkan pembelajaran on-demand untuk pengembangan keterampilan dengan memanfaatkan teknologi Google Cloud. Google menyediakan materi pelatihan secara gratis untuk publik.

Cloud Skills Boost hadir dengan beragam metode dan sumber pembelajaran, antara lain adalah sebagai berikut:

  • On-demand courses. Boleh dibilang ini adalah fitur utama dari platform ini, di mana di dalamnya mencakup katalog atas berbagai topik Google Cloud, dari tingkat pemula hingga tingkat lanjutan (expert). Pengguna bisa mengikuti kursus ini sesuai ritme belajar masing-masing dan fully online. 
  • Learning path. Karena katalognya memuat ratusan kursus yang beragam, Google menyediakan learning path guna memudahkan pengguna untuk memilih berdasarkan minat dan tingkat keahlian pribadi. Dengan begitu, pengguna bisa mengetahui materi apa yang perlu ia pelajari beserta estimasi waktu belajar. 
  • Hands-on Labs. Pengguna dapat mengasah kemampuan praktisnya di luar pemahaman teoretis, dengan cara mendapatkan pengalaman langsung menggunakan produk dan layanan Google Cloud dalam rangka menjalankan simulasi dengan studi kasus di dunia nyata, bukan dengan hanya menonton video penjelasan. 
  • Professional certificates. Ini adalah program pelatihan yang menawarkan keterampilan agar pengguna siap kerja di bidang yang banyak diminati, dengan sertifikat di akhir pembelajaran untuk melengkapi perjalanan belajar peserta.

Satu hal yang diangkat sebagai daya tarik oleh Google dalam Google Cloud Skill Boost adalah pembelajaran terkait AI generatif. Materi-materi tersebut ada di dalam learning path yang mencakup 10 kursus tentang dasar-dasar AI generatif dari pakar Google Cloud.

Fokus Google pada pengembangan AI generatif—dan platform Google Cloud Skill Boost—sebenarnya telah disampaikan sejak tahun 2023, tepatnya pada gelaran Google Cloud Jakarta Summit 2023.

Pada event tersebut, Google menyampaikan komitmennya untuk membangun SDM yang terampil untuk ekonomi AI. Dengan Google Cloud Skill Boost, peserta diharapkan akan memahami perbedaan antara AI generatif dan jenis AI lainnya, cara menyesuaikan model AI generatif siap pakai (pre-trained) di dalam produk, cara memanfaatkan AI dengan bijaksana, dan banyak lagi.

Seluruh pelatihan yang ada di Google Cloud Skill Boost dirancang dan diajarkan oleh para ahli di bidang informasi teknologi, termasuk di antaranya adalah di sub bidang desain antarmuka dan pengalaman pengguna (UI/UX design), manajemen proyek, pemasaran digital & e-commerce, dan lain-lain.

Peserta juga dapat mengakses tips-tips praktis untuk menyusun resume, wawancara, dan pencarian kerja, untuk membantu dalam mendapatkan pekerjaan di sektor teknologi.

Adam Yanuar

Gemar teknologi, menulis telah menjadi bagian sehari-hari. Biasa menyusun strategi komunikasi kini Adam kembali menulis informasi terkait teknologi.

Previous Story

Review OPPO Reno11 F 5G, Unggulkan Performa dan Layar AMOLED HDR10+

HUAWEI WATCH FIT 3
Next Story

HUAWEI Siap Hadirkan 3 Perangkat Baru di Indonesia Tanggal 21 Mei 2024

Latest from Blog

Don't Miss

Google Bagikan Trik untuk Mengatur Pekerjaan di Gmail Lebih Optimal

Bagi kalangan pekerja digital, berkomunikasi melalui email masih menjadi salah

Chromebook Makin Cerdas dengan Sentuhan AI dari Google

Google tengah gencar mengintegrasikan fitur-fitur berbasis Artificial Intelligence (AI) ke