Dark
Light

Google Cloud Connect, Menghubungkan Microsoft Office Dengan Google Docs

1 min read
November 23, 2010

Google mengumumkan bahwa mereka kini menyedikan sebuah fasilitas sync bagi para pengguna Microsoft Office untuk mengintegrasikan dokumen yang mereka kerjakan dengan layanan cloud dari Google tanpa meninggalkan aktivitas yang sedang dilakukan di Microsoft Office.

Google menyediakan apa yang dinamakan fasilitas Google Cloud Connect, fasilitas ini akan berupa plugin yang bisa memberikan fasilitas pada para pengguna Microsoft Office menyimpan lembar kerja secara langsung di Google Docs. Google menjelaskan bahwa layanan ini akan berfungsi pada Microsoft Office 2003, 2007 dan 2010.

Setelah pengguna melakukan proses sync, maka lembar kerja yang  sedang dikerjakan akan secara otomatis tersimpan juga di layanan Google Docs, pengguna juga bisa melakukan proses sharing untuk bekerja kolaborasi dengan memberikan URL unik ke relasi. Lembar kerja juga bisa diakses dari manapun termasuk perangkat bergerak lewat layanan Google Docs.

Beberapa fasilitas yang telah ada pada layanan Google Docs, seperti kemudahan dalam proses sharing dokumen, proses editing secara bersamaan dengan tim kerja bisa dinikmati lewat layanan Microsoft Office, namun proses penyimpanan tidak seperti yang ada di layanan Google Docs, yang secara otomatis akan menyimpan data di lembar kerja. Dengan Google Cloud Connect pengguna harus mengklik tombol ‘save’ untuk melakukan penyimpanan data dan melakukan proses sync dengan Google Docs.

Google Cloud Connect mendukung berbagai layanan dari Microsoft Office seperti MS Word, PowerPoint, dan Excel. Layanan ini merupakan hasil pengembangan yang dilakukan atas hasil akuisisi DocVerse oleh Google, pada bulan Maret yang lalu.

Layanan ini juga baru tersedia bagi para pengguna Google Apps untuk pelanggan bisnis, jika Anda salah satu pengguna Google Apps, Anda bisa melakukan proses sign up di tautan ini. Namun untuk pengguna umum, Anda harus bersabar, karena nanti pada peluncuran untuk publik, layanan Google Cloud Connect ini akan tersedia juga bagi semua orang.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

3 Comments

  1. Orifile.com adalah search engine yang dikombinasi dengan google, dimana di orifile.com kita bisa mendownload file tertentu secara gratis untuk format document, power point, pdf, dan excel.
    Hasil pencarian menggunakan orifile.com berupa file yang bisa didonload. Dan hasilnya langsung berformat doc, ppt, pdf, dan xls.
    Terdapat fitur tambahan yaitu fast login dimana kita bisa mengakses website facebook, youtube, twitter dengan 1 langkah klik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Model Bisnis Freemium Untuk Startup Lokal

Next Story

Hacking Untuk Kemanusiaan

Latest from Blog

Don't Miss

Google Trend di Indonesia Makin Cangih, Kini Ada Fitur Sedang Trending

Google secara resmi menghadirkan fitur Sedang Trending di Indonesia yang

Google Luncurkan AI Academy untuk Jaring Startup AI di Asia-Pasifik

Implementasi teknologi kecerdasan buatan atau AI memang berkembang pesat. Maka