Dark
Light

Google Secara Resmi Luncurkan Kampanye Google Chrome Pertama di Indonesia

2 mins read
September 13, 2011

Malam ini, bertempat di Bengkel Nightpark, Jakarta, Google meluncurkan secara resmi kampanye mereka yang pertama di Indonesia untuk mempromosikan Google Chrome. Dari keterangan dan rilis yang diterima DailySocial, kampanye yang bertemakan ‘Jadikan Internet Seluas Kreasimu’ ini merupakan kampanye integratif online dan offline terbesar selama sejarah berdirinya Google.

Para pembaca DailySocial mungkin telah membaca dan menonton salah satu iklan TV yang termasuk dalam kampanye ini di TV Anda atau membacanya di artikel DailySocial ini.

Kampanye ini mengapresiasi para web heroes, Google menciptakan serangkaian video yang menampilkan para web heroes – para pegiat sosial daam menjalankan kegiatannya. Dijelaskan Google bahwa rangkaian video ini menunjukkan kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi jika Internet dipasangkan dengan kreativitas dan passion manusia.

Henky Prihatna, Indonesia Country Consultant untuk Google, menjelaskan bahwa, “Dulu Internet hanya digunakan untuk mencari dan melihat informasi. Sekarang ini, masyarakat terus menggali apa lagi yang dapat mereka lakukan melalui Internet. Internet menjadi sebuah medium kreatif di mana kita dapat melakukan hal-hal baik untuk diri sendiri dan orang lain.”

Adapun rangkaian video yang akan tayang di TV ada 3: Lia Tersayang, video tentang seorang ayah menggunakan Internet untuk menyimpan dan berbagi kenangan dengan putrinya sejak putri tersebut baru lahir dan selama dia tumbuh besar dan Blood For Life, dengan menggunakan Internet, Valencia Randa menyelamatkan banyak nyawa dengan menghubungkan orang yang membutuhkan darah kepada mereka yang bersedia menjadi donor darah, yang akan tayang pada tanggal 10 September 2011 – 8 Oktober 2011, sedangkan Indonesia Berkebun, dengan menggunakan kekuatan Internet, Ridwan Kamil dan teman-temannya memulai gerakan Indonesia Berkebun, sebuah gerakan untuk mengklaim kembali ruang hijau di area perkotaan akan tayang 22 September 2011 – 8 Oktober 2011 (tautan video belum tersedia).

Seperti yang disebutkan di atas, kampanye ini adalah integrasi antara online dan offline, dua gerakan sosial yang ada dalam kampanye ini menjalankan kegiatannya secara offline namun dengan bantuan internet yang memaksimalkan kegiatan mereka, Anda bisa melihat maksud ini pada video iklan TV Google.

Dari video yang saya lihat, terus terang saya menyukainya, dan bagi saya cukup cerdik apa yang dilakukan Google dalam kampanye ini, dengan mengajak kegiatan sosial yang bukan hanya populer di Internet tetapi juga memberi dampak, manfaat serta inspirasi bagi masyarakat luas. Pendekatan yang menarik jika membandingkannya dengan kegiatan Firefox yang melakukan pendekatan grass root.

Berikut keterangan dari dua pemrakarsa kegiatan sosial yang ada di kampanye ini serta alasan kenapa Google memilih mereka, yang saya kutip dari rilis resmi yang dikirimkan ke DailySocial:

Mieke Valencia Randa, pemrakarsa Blood for Life: “Blood for Life antusias dan bangga telah dipilih sebagai Google Chrome web heroes. Kami senang, bahwa apa yang kami lakukan dapat menginspirasi orang lain untuk memanfaatkan kekuatan Internet secara maksimal. Kami ingin agar kampanye ini dapat mendorong para pengguna Internet untuk berpartisipasi langsung dalam kegiatan-kegiatan Blood for Life serta menginspirasi banyak orang untuk melakukan hal serupa.”

Ridwan Kamil, pemrakarsa Indonesia Berkebun: “Kami memulai dan melakukan banyak hal melalui Internet; dari mencari informasi mengenai lahan kosong yang tidak terpakai, mencari tahu jenis tanaman apa yang cocok untuk ditanam, hingga mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang akan kami lakukan. Kami telah merasakan manfaat dari browser seperti Chrome yang mengerti kebutuhan pengguna Internet saat ini. Chrome memang diciptakan agar kita dapat berkreasi seluas apapun melalui Internet. Ini tentunya akan mempermudah kami melakukan banyak hal, karena semuanya dapat dilakukan hanya melalui satu browser.”

Henky menjelaskan cerita di balik kampanye ini,”Google melakukan pencarian untuk menemukan contoh orang biasa yang melakukan hal-hal inspiratif dengan Internet di Indonesia. Kami menemukan beberapa cerita yang membuat kami semangat untuk membagi cerita mereka dengan banyak orang, dan berharap mereka menginspirasi lebih banyak orang untuk melakukan hal serupa.”

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Chief Marketing Kaskus Mengundurkan Diri, Fokus pada Perusahaan Baru

Next Story

Happy Birthday SuWec!

Latest from Blog

Don't Miss

Google Luncurkan Model AI Generatif Gemma 2 untuk Para Peneliti dan Pengembang

Tren AI generatif terus berkembang untuk mengisi berbagai kebutuhan dan

Google Bagikan Trik untuk Mengatur Pekerjaan di Gmail Lebih Optimal

Bagi kalangan pekerja digital, berkomunikasi melalui email masih menjadi salah