Dark
Light

Google Buzz Ikuti Facebook dan Twitter, Tambahkan Fitur Rekomendasi Relasi

1 min read
August 18, 2010

Beberapa waktu yang lalu Twitter meluncurkan fitur ‘Who To Follow’ yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan usulan siapa saja pengguna lain yang bisa diikuti, kini giliran Google Buzz menambahkan fitur serupa.

Lewat pengumuman resmi mereka, Google menjelaskan bahwa fitur ini merupakan fitur yang cukup diminati oleh pengguna aktif  Buzz, karena mereka punya ketertarikan mencari teman atau pengguna lain untuk diikuti. Kini Google Buzz menyediakan fitur tersebut, nantinya ketika Anda menggunakan Google Buzz, dengan melakukan klik pada tautan Buzz di Gmail, Anda akan melihat kotak yang berisi daftar rekomendasi pengguna yang mungkin akan tertarik untuk Anda ikuti.

Rekomendasi ini, dijelaskan Google dilakukan berdasarkan dari perilaku pengguna baik itu dari percakapan dengan relasi mereka, perilaku email pengguna, didasarkan pada koneksi publik lain serta kegiatan pengguna yang mereka lakukan di Google Buzz. Jadi rekomendasi diajukan berdasarkan preferensi pengguna, yang bisa memberikan usulan yang lebih akurat. Akan ada keterangan juga tentang keaktifan pengguna tersebut, jadi kita bisa menilai sesering apa pengguna yang direkomendasikan oleh Google ini dan membantu memberikan pertimbangan untuk mengikuti mereka atau tidak.

Selain itu, hanya pengguna yang punya akun publik di Google saja yang akan muncul menjadi rekomendasi. Ketika menemukan pengguna lain yang tertarik untuk Anda ikuti, Anda bisa langsung ‘Follow’ mereka dari kotak rekomendasi ini, atau jika Anda tidak mau melihat lagi rekomendasi dari penguna tersebut bisa klik ‘Ignore’.

Fitur rekomendasi memang menjadi penting bagi layanan sosial, Twitter mengikuti Facebook, dan Google Buzz kini mengikuti Twitter, Seperti yang ditulis TechCrunch, fitur rekomendasi pengguna, bekerja secara baik di Facebook, dan mendapat sambutan positif di Twitter, dan kini giliran Google Buzz yang meluncurkan fitur ini.

Kita lihat, apakah fitur ini akan menambah geliat Buzz untuk tetap bertahan sebagai salah satu produk sosial Google, karena Google Wave telah resmi ‘dimatikan’. Anda pengguna Buzz? Bagaimana pendapat Anda dengan tambahan fitur rekomendasi relasi ini?

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

SlideShare Luncurkan SlideShare Pro

Next Story

Kutukutubuku.com Perbaharui Tombol Berbagi dan Luncurkan Pemendek URL

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan