Google Bakal Umumkan Pixel Fold pada Acara I/O

Setelah menjadi sebuah berita hangat di tahun 2022, ternyata Google bakal mengumumkan kehadiran Pixel Fold pada I/O 2023 nanti

Setelah mendapatkan bocoran dan gosip selama beberapa bulan, Google Pixel Fold ternyata menjadi kenyataan. Hal tersebut bakal diumumkan oleh Google pada tanggal 10 Mei 2023 nanti pada acara Google I/O. Hal ini diketahui pada sebuah video yang diunggah oleh Google pada akun yang terverifikasi bernama Made by Google dengan judul May The Fold Be With You. Uniknya, ada tagar #GoogleIO dan #PixelFold pada video yang satu ini.

Walaupun hal ini sudah bisa diketahui, namun tentu saja Google belum mau memberikan konfirmasi mengenai harga dan spesifikasinya. Namun seperti yang bisa dilihat pada video di atas, kita bisa melihat bagian kamera yang sudah menjadi desain dari perangkat Pixel 7 dan 6. Pada video tersebut juga dapat dilihat bahwa badannya terbuka untuk memperlihatkan sebuah layar yang lebar. Badannya sendiri juga cukup berkilau dan terlihat elegan.

Walaupun spesifikasinya belum secara resmi diketahui, ada beberapa detail yang dibocorkan oleh Jon Prosser dari Front Page Tech pada kanal Youtube-nya. Perangkat ini bisa jadi akan ditenagai oleh SoC Tensor G2 buatan Google sendiri. RAM LPDDR5 yang terpasang memiliki kapasitas 12 GB dengan pilihan penyimpanan 256 GB dan 512 GB.

Perangkat ini nantinya akan memiliki ukuran 5,8 inci dengan resolusi 2092x1080 yang akan menjadi 7,6 inci dengan resolusi 2208x1840 saat dibuka lekukannya. Layar ini sendiri akan memiliki refresh rate 120 Hz. Untuk bagian kamera di bagian belakang, akan memiliki sensor 48 MP untuk yang utama yang ditemani dengan optik zoom 5x 10,8 MP dan kamera ultrawide 10,8 MP. Kamera depannya akan memiliki resolusi 9,5 MP serta kamera selfie 8 MP pada bagian dalamnya.

Kabarnya, Google Pixel Fold akan dijual dengan harga $1799 atau sekitar Rp. 26,5 juta untuk varian 256 GB serta $1919 atau Rp. 28,3 juta untuk model 512 GB. Promosi yang memberikan bonus Pixel Watch juga bakal hadir nantinya. Sebagai informasi, Samsung Galaxy Z Fold 4 dijual pada harga $1799 di Amerika. Tentunya hal ini akan menjadi sangat kompetitif.

 

Sayangnya, semua itu bisa berubah sampai Google benar-benar mengumumkannya pada acara Google I/O 2023 nanti. Walaupun sudah dinanti semenjak tahun lalu di I/O 2022, tentu saja kehadiran perangkat dari Google akan sangat menarik perhatian. Dan tentu saja, perangkat ini tidak akan muncul secara resmi di Indonesia. Oleh karena itu, mari kita tunggu informasi lengkapnya pada tanggal 10 Mei 2023 nanti.