Dark
Light

Goodreads Akuisisi Layanan Rekomendasi Online Discovereads

1 min read
March 11, 2011

GoodReads mengakuisisi Discovereads, sebuah layanan yang menyediakan fasilitas sistem rekomendasi buku secara online. Teknologi dari Discovereads akan membantu pengguna untuk mendapatkan rekomendasi berdasarkan ketertarikan pengguna sendiri atau berdasarkan rekomendasi dari relasi pertemanan.

Goodreads merupakan komunitas buku online yang menjadi tempat bagi pecinta buku untuk saling berinteraksi dan berkomunitas, di layanan ini Anda bisa berteman dengan pengguna lain, memberi peringkat atas buku yang Anda baca, menambahkan buku yang telah dan akan Anda baca, mendapatkan rekomendasi dari pengguna lain serta bergabung di berbagai grup yang berhubungan dengan buku dan dunia tulis-menulis.

Saat ini Goodreads memiliki 4.6 juta pengguna serta 100 juta buku yang telah diberi peringkat yang ada pada database mereka. Akuisisi atas Discovereads bertujuan untuk menyediakan rekomendasi berkualitas yang terpersonalisasi.

Dari blog resmi mereka, Goodreads mengatakan bahwa akuisisi ini akan membantu pengguna dalam menemukan buku ditengah jumlah yang cukup besar dari buku yang diterbitkan, serta pertumbuhan dari ebooks, serta self-published book, teknologi algoritma rekomendasi buku yang dimiliki oleh Discoverads.com akan membantu meningkatkan layanan yang diberikan Goodreads pada pengguna mereka.

Akuisisi ini juga akan memliki manfaat pada strategi bisnis Goodreads, dari rilis resmi dijelaskan bahwa, “Discovereads combines multiple machine learning algorithms and graph analysis techniques to analyze book ratings and spot trends. Its technology will also improve our unique targeted advertising program.”

Saat ini pengarang dan penerbit bisa membeli spot iklan untuk buku mereka serta menargetkan iklan ini pada anggota Goodreads yang membaca genre yang sama dari buku dari pengarang atau penerbit tertentu, Goodreads mengharapkan teknologi baru yang hadir dari akuisisi ini akan memberikan fasilitas iklan sasaran ini menjadi lebih baik, buku beriklan akan muncul berdasarkan ketertarikan dari pembaca tersebut.

Discovereads mengatakan bahwa selain memberikan fasilitas rekomendasi yang lebih baik pada layanan Goodreads, mereka juga berencana untuk memberikan pengarang dan penerbit alat yang lebih baik untuk terkoneksi dengan pembaca yang menyukai buku mereka.

Layanan Discovereads akan tetap berjalan sampai integrasi teknologi rekomendasi mereka berjalan di Goodreads, setelah itu layanan Discovereads akan ditutup, pengguna bisa melakukan migrasi data akun Discovereads mereka dan memindahkannya ke akun Goodreads mereka yang telah ada atau ke akun baru Goodreads.

Integrasi dari teknologi yang dimiliki Discovereads akan diimplementasikan dalam beberapa bulan ke depan.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Movreak 1.0 is Now Available for Symbian Users

Next Story

Design Competition from GantiBaju and LintasBerita

Latest from Blog

Don't Miss

Microsoft menunda akuisisi Activision Blizzard

Microsoft dan Activision Blizzard Sepakat Menunda Akuisisi ke Bulan Oktober

Perjalanan panjang dari akuisisi terbesar oleh dua perusahaan teknologi raksasa,
Drama akuisisi Activision Blizzard

Microsoft Menangkan Pengadilan, Akuisisi Activision Blizzard Masuki Babak Akhir

Drama akuisisi Activision Blizzard oleh Microsoft sepertinya akan segera berakhir.