24 July 2017

by Glenn Kaonang

Godox A1 Adalah Flash Eksternal untuk Smartphone

Juga dapat merangkap tugas sebagai transmitter 2,4 GHz untuk flash buatan Godox lain

Produsen peralatan lighting fotografi asal Tiongkok, Godox, belum lama ini memberikan teaser produk yang sangat menarik. Produk bernama Godox A1 ini dideskripsikan sebagai flash eksternal untuk smartphone, akan tetapi yang lebih menarik adalah kemampuannya untuk merangkap sebagai transmitter.

Detail mengenainya sejauh ini masih sedikit, akan tetapi bisa dilihat bahwa dimensi perangkat tergolong ringkas. Selain tiga buah lampu LED, A1 turut mengemas unit flash yang bisa diaktifkan dari jauh.

Sejatinya ada tiga mode penggunaan Godox A1 yang bisa diterapkan. Yang pertama hanya sebatas menjadi pengganti yang jauh lebih bertenaga dari LED flash milik smartphone Anda. Yang kedua, A1 bisa diposisikan di dekat objek foto selagi lampu LED-nya menyala secara konstan sebagai sumber penerangan ekstra.

Terakhir sekaligus yang paling menarik, A1 dapat berperan menjadi transmitter untuk flash Godox lain yang beroperasi secara nirkabel di frekuensi 2,4 GHz. Mode yang terakhir ini sejatinya dapat meningkatkan fleksibilitas smartphone sebagai kamera secara cukup drastis.

Saya juga bisa melihat bagaimana Godox A1 nantinya bakal menarik perhatian para penggemar fotografi mainan (toy photography). Kamera smartphone selama ini bisa diandalkan dalam skenario ini karena kemampuan fokusnya yang setara lensa makro pada kamera, tinggal bagaimana kita menyiapkan konfigurasi pencahayaan yang optimal.

Sayang untuk sekarang Godox masih bungkam soal spesifikasi lebih lengkap, harga maupun ketersediaannya.

Sumber: PetaPixelΒ dan Godox (Facebook).