Dark
Light

Gobann Telah Softlaunch, Kini Hadir dalam Status Beta

1 min read
May 3, 2012

Gobann (baca: goban, alias lima puluh ribu) telah melakukan soft launch Selasa kemarin. Situs yang menghadirkan marketplace untuk micro jobs dengan upah 50.000 Rupiah itu kini bisa dinikmati layanannya dengan status beta.

Gobann adalah sebuah tempat dimana Anda bisa mempromosikan diri Anda untuk melakukan suatu kangtao (pekerjaan, kalau di luar negeri di sebut gig) dengan upah 50.000 Rupiah. Pekerjaan tersebut, biasanya merupakan pekerjaan kecil namun membutuhkan keterampilan khusus seperti mendesain kartu nama, melakukan penerjemahan, atau hal-hal kreatif seperti jasa “menyundul” sebuah thread di Kaskus.

Di sisi lain, Anda bisa mencari freelancer untuk melakukan sesuatu (demand) dengan upah yang sama. Bagi entreprenuer, Gobann bisa menjadi tempat yang tepat untuk mencari freelancer untuk sebuah pekerjaan kecil dengan biaya yang murah. Anda juga bisa mencari orang-orang kreatif dan mempunyai keterampilan tertentu untuk melakukan suatu hal.

Saat ini, Gobann melayani pembayaran dengan BCA, Paypal, dan T-cash. Jika dilihat video perkenalan pada halaman muka website-nya, Gobann masih merencanakan adanya platform pembayaran lain untuk mempermudah penggunanya bertransaksi.

Gobann merupakan salah satu startup yang terpilih mengikuti ajang Satellite Indonesia yang diadakan oleh e27 beberapa waktu yang lalu. Menurut informasi dari e27, Gobann didirikan oleh Michael Luhukay, Teddy Koentjoro and Hyung Gyu Byun. Sebagai monetasi, Gobann menarik fee sebesar 20% dari pelaku kangtao (freelancer). Selain itu, mereka juga akan menampilkan iklan dan memunculkan fitur semacam premium kangtao.

Layanan seperti yang dihadirkan Gobann ini bukan yang pertama. Di luar negeri, ada banyak layanan serupa, dengan Fiverr yang paling terkenal. Sedangkan di Indonesia, telah ada RecehanSerba50Ribu dan ApaBoleh (beta).

Karena sama-sama belum berkembang pesat, Gobann dan startup lain dengan layanan yang sama, harus berusaha untuk tetap kreatif. Bukanya hanya startup-nya harus kreatif, tetapi startup tersebut juga harus bisa merangsang penggunanya untuk menjadi kreatif. Karena setiap kangtao hanya dijual seharga 50 ribu Rupiah, pengguna harus pintar-pintar mengkreasikan suatu pekerjaan agar mereka bisa mendapatkan untung dari Gobann ini.

Dalam hal fee yang ditarik oleh Gobann, saya pribadi merasa fee 10 ribu Rupiah per transaksi yang terjadi terlalu banyak. Jika Gobann berharap penggunanya bisa mendapatkan untung dengan transaksi-transaksi kecil namun dalam jumlah banyak, menurut saya Gobann juga harus mempunyai semangat yang sama. Mereka mendapatkan keuntungan yang kecil tiap transaksi, namun berusaha memperbanyak jumlah transaksinya sehingga keuntungan tersebut menjadi besar. Itu pendapat saya karena angka 20% itu relatif, bagi saya cukup besar, namun beberapa orang mungkin menganggap hal tersebut wajar bahkan mungkin kecil.

Selamat atas soft-launching-nya untuk Gobann, semoga semangat kreatifnya bisa ditiru oleh banyak orang lain.

7 Comments

  1. +1, fee-nya terlalu besar, semangatnya kurang membumi. Semestinya model bisnisnya adalah memperbesar peminat, bukan memperbesar keuntungan. Kalau fee-nya terlalu besar, kelihatannya sulit sustainable.

  2. 20% itu kegedean cuy,, odesk ama freelancer aja kecil kok cuma 5-10% =))

  3. Gobann mantep cuy! baru tau ada website kayak gini di indonesia. sekarang gue bisa cari sampingan deh di sini. ga perlu repot2 lagi cari client 😀

  4. DailySocial: Thank you sudah menulis sebuah artikel tentang soft-launch kami. Kami berharap akan bisa terus maju dengan membangun wadah untuk talenta-talenta di Indonesia.

    @9619e4fc93c7d6573592b1cd384fa56a:disqus ,@b0d7281d0ba50770c64d5a41d1e57732:disqus : Terima kasih untuk inputnya. Memang 20% bisa dilihat sebagai besar, tetapi kami di Gobann tidak mengambil semua dari 20% untuk keuntungan kami. Lebih dari 30% dari margin tersebut dipakai untuk fee payment sistem pada situs kami, dan sisanya kami channel kepada marketing, promotion, dan juga website improvement yang ujungnya akan menguntungkan para penjual/pembeli pada situs kami. Mudah-mudahan dengan kemajuan beberapa payment gateway di Indonesia, website kami akan jauh lebih efisien. Jadi janganlah lihat ini sebagai fee, tetapi sebagai “investment” kepada Kangtao yang terjual karena keuntungan dari 20% akan dikembalikan pada volume dan market yang jauh lebih besar untuk talenta di Indonesia. 🙂

    @cd9520934f0126c71237a322f95cd176:disqus : Terima kasih untuk feedbacknya, pada saat ini kami masih dalam proses Beta dimana bugs masih kami betulkan secepat dan sebaik mungkin. Pada saat ini kami juga masih terus improve situs kami dari sisi user interface dan design. Your feedback will help! Tolong e-mail ke kita di [email protected] atau isi formulir di http://www.gobann.com/site/pelayananpelanggan untuk masalah yang ditemukan atau pertanyaan lainnya. Selebihnya, kita juga ada live chat system dimana anda bisa langsung chatting dengan customer representative kita. 🙂

    Cheers,
    Gobann Team

  5. Hi @74fc5e4108fa4f98c9a3fab62455fb07:disqus , thank you untuk feedbacknya tentang website kami. Kalau kami boleh minta waktunya sedikit untuk e-mail ke kami di [email protected] mengapa anda mengira website kami membingungkan, kami akan sangat menghargainya! Selebihnya, anda juga bisa langsung chatting dengan customer representative kami jika ada sesuatu yang kurang jelas di live chat kami. 🙂 Thanks!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

BlackBerry 10 Jam To Come To Indonesia

Next Story

Strt, Sebuah Proyek Startpage

Latest from Blog

Don't Miss

Playground Web3 platform

Playground Hadirkan Platform untuk Menemukan Proyek dan Game Web3 Terpercaya

Meski kerap menjadi topik pembicaraan dalam setahun terakhir, tren Web3
Joint Venture Bukalapak CT Corp

CT Corp dan Bukalapak akan Bentuk Perusahaan Patungan di Bidang “Online Grocery”

Pemilik perusahaan konglomerasi Chairul Tanjung melalui PT Trans Retail Indonesia,