2 January 2022

by Daniel Hamiaz

Genshin Impact Umumkan Yae Miko sebagai Karakter Baru Menjelang tahun 2022.

Pengumuman ini sebagai sebuah kejutan tahun baru untuk komunitas Genshin Impact.

Menjelang tahun baru dan versi terbaru mereka pada 5 Januari 2022, Genshin Impact baru saja mengumumkan karakter terbaru mereka, yakni Yae Miko. Pengumuman ini dirilis miHoYo melalui akun resmi Twitter dan juga laman resmi Facebook mereka.

Pengumuman Yae Miko sebagai karakter selanjutnya ini langsung membuat heboh komunitas Genshin Impact, dan sempat menjadi Trending Topic dengan tagar #yaemiko. Dikutip pula dari Reddit, pengumuman karakter Yae Miko langsung melampaui jumlah likes dan retweet dari pengumuman karakter sebelumnya, seperti seperti Arataki Itto, Shenhe & Yun Jin, dan bahkan Raiden Shogun dalam beberapa jam saja.

Yae Miko merupakan kepala dari Kuil Agung Narukami dan mewarisi garis keturunan dari salah satu makhluk mitologi asal jepang, Kitsune. Ia merupakan pelayan sekaligus sahabat dari Raiden Shogun, dan juga editor-in-chief dari sebuah Publisher Light Novel, Yae Publishing House.

Popularitas Yae Miko di komunitas Genshin Impact, merupakan salah satu yang tertinggi. Pasalnya, ia merupakan salah satu karakter kunci, yang terlibat langsung dan memiliki dampak terbesar dari konflik Vision Hunt Decree, yang melibatkan pertikaian antara Raiden Shogun, penduduk Inazuma, dan juga pemain sebagai Traveler.

Genshin Impact juga mendesain mengambil desain Yae Miko, dari game miHoYo yang lain, yaitu Honkai Impact, sehingga karakter ini sudah memiliki basis penggemar sebelum kehadirannya di Genshin Impact.

sumber: Genshin Impact

Menjelang tahun 2022, banyak prestasi yang Genshin Impact cetak. Game yang dikembangkan oleh perusahaan asal Tiongkok ini berhasil menyabet penghargaan sebagai game terbaik pada ajang The Game Award 2021.

Pertumbuhan komunitas Genshin Impact di seluruh dunia juga tergolong sangat pesat. Pasalnya, Reddit baru saja mengumumkan bahwa Genshin Impact menjadi komunitas yang paling banyak dikunjungi pada tahun 2021.

Popularitas game ini di kalangan para gamer disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari grafisnya yang menawan, musik yang memukau, gameplay yang menantang, dan semua itu dapat diakses secara gratis, dan tersedia di berbagai platform, yaitu PC, mobile phone, dan PlayStation.

Walaupun banyak prestasi yang mereka raih, Genshin Impact juga pernah mendapat respon buruk dari komunitas mereka. Kejadian ini terjadi saat perayaan Anniversary mereka yang pertama pada tanggal 28 September 2021. Hal tersebut dikarenakan minimnya hadiah dan komunikasi yang diberikan oleh pihak pengembang. Alhasil, Genshin Impact menerima review bomb bintang 1 pada Google Playstore selama beberapa hari.