30 April 2022

by Daniel Hamiaz

Genshin Impact Versi 2.7 Resmi Diundur

Penundaan ini dispekulasikan karena parahnya keadaan Shanghai karena COVID-19.

Setelah rumor dan spekulasi yang beredar, akhirnya versi 2.7 Genshin Impact resmi diundur. MiHoYo mengumumkan penundaan ini melalui akun resmi mereka di Twitter dan Facebook.

Belum ada alasan yang jelas, mengapa versi terbaru Genshin Impact ini ditunda. Mereka hanya mengatakan penundaan ini untuk kelancaran project mereka. Mereka berjanji akan menjabarkan alasan mereka di waktu yang akan datang, beserta dengan tanggal baru update, penyesuaian konten, dan kompensasi yang akan diterima pemain.

?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1519866561317654528%7Ctwgr%5E%7Ctwcon%5Es1_&ref_url=https%3A%2F%2Fwww.siliconera.com%2Fgenshin-impact-2-7-update-delayed%2F

Banyak skenario yang bisa mereka terapkan untuk penundaan versi 2.7 ini. Mulai dari perpanjangan durasi banner karakter eksklusif 2.6, membuat sebuah banner baru dengan karakter bintang 5 dari banner standar, hingga tidak menerapkan perubahan banner sama sekali.

Genshin Impact biasanya akan menayangkan sebuah siaran langsung yang berisi konten dari sebuah versi baru, kira-kira 1-2 minggu sebelum versi tersebut datang. Livestream tersebut biasanya dilaksanakan pada hari Jumat di minggu tersebut.

Dengan adanya pengumuman pengunduran ini di hari Jumat menjelang versi baru, maka dapat dipastikan pula, bahwa livestream tersebut juga akan ditunda. Menurut rumor yang beredar, livestream versi 2.7 sendiri tidak akan ditunda terlalu lama.

sumber: Genshin Impact

Kekecewaan komunitas atas penundaan versi ini bisa dimaklumi, mengingat hype karakter baru yang sedang dibangun HoYoverse, yaitu Yelan dan Kuki Shinobu. Yelan sempat mencuri spotlight di versi 2.6, dengan sedikit beraksi pada klimaks cerita Archon di The Chasm. Dengan demikian, komunitas harus bersabar sedikit lagi, untuk bisa mendapatkan karakter-karakter baru tersebut.

Walaupun belum ada alasan yang jelas mengapa versi ini ditunda, namun spekulasi penundaan ini sudah lama tersebar. Kabar ini pertama kali dibagikan di Reddit pada 15 April lalu. Disebutkan bahwa alasan terbesar penundaan ini diakibatkan karena memburuknya situasi lockdown di Shanghai. Seperti yang diketahui, markas besar miHoYo ada di Tiongkok, dan efek lockdown nampaknya tidak memungkinkan versi baru Genshin Impact datang tepat waktu.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Shanghai memang telah dikunci sejak awal bulan ini. Melonjaknya kasus Covid-19 karena mewabahnya Omicron menjadi penyebab. Kasus Shanghai hingga kini masih tinggi. Senin, ada 1.661 kasus bergejala dan 15.319 kasus tanpa gejala dengan 51 orang dilaporkan meningggal.