Gelar Media Gathering, Lexar Luncurkan Produk SSD dan RAM Pendukung Gaming Terbaru di Indonesia

Lexar meluncurkan SSD dan RAM untuk gaming terbarunya di Indonesia yang memiliki kinerja tinggi. Apa saja perangkat yang diluncurkan kali ini?

Anda tentu mengetahui merek Lexar, bukan? Lexar berfokus pada produk yang berbasiskan memori yang saat ini sudah cukup sering ditemukan pada toko komputer dan kamera. Yup, Lexar saat ini sering terlihat pada produk SD Card, USB flash disk, serta SSD-nya. Dan kali ini, Lexar yang merupakan anak perusahaan dari Longsys memperkenalkan produk barunya di Indonesia yang mendukung gaming.

Produk yang dimaksud adalah dari lini SSD M.2 dan juga modul RAM. Produk tersebut meliputi Lexar NM710 M.2 2280 PCIe Gen4x4 NVMe SSD, Lexar Professional NM800 PRO M.2 2280 NVMe SSD, dan Lexar ARES RGB DDR5 Desktop Memory. Bagaimana ketiga produk ini mendukung kinerja gaming dari para penggunanya?

Lexar NM710 merupakan sebuah storage SSD NVMe dengan teknologi PCIe Gen 4x4. Lexar bakal memasukkan SSD yang satu ini dengan kapasitas hingga 2 TB sehingga akan memenuhi kebutuhan banyak orang. Kecepatan yang dimiliki oleh storage yang satu ini bisa mencapai 5 GB/s untuk baca dan 4,5 GB/s untuk menulis. SSD yang satu ini memiliki kemampuan penulisan data hingga 1200 TBW (Terabyte Written).

Selanjutnya adalah Lexar Professional NM800 PRO yang juga merupakan SSD NVMe dengan teknologi PCIe Gen 4x4. NM800 Pro hadir di Indonesia langsung dengan menggunakan heatsink, sehingga akan menjaga suhu pada saat digunakan. Walaupun menggunakan PCIe Gen 4x4, SSD ini juga masih kompatibel dengan PCIe Gen 3 sehingga bisa digunakan pada laptop dengan model lama.

NM800 Pro memiliki kecepatan 7,5 GB/s untuk baca dan 6,5 GB/s untuk menulis dengan ketahanan hingga 2000 TBW. SSD ini menggunakan chip kontroler INNOGRIT 1G5236CAA dengan proses pabrikasi 12 nm sehingga bisa membuat baterai laptop lebih irit. Selain itu, NM800 juga memiliki DRAM Cache sebesar 1 GB buatan Foresee Longsys. Lexar mengatakan bahwa kapasitas yang tersedia nantinya akan mencapai 2 TB di pasar Indonesia.

Leanne Tsai selaku SEA Senior Sales Manager APAC Lexar mengatakan bahwa kedua SSD ini tidak hanya bisa dipakai pada PC desktop dan laptop saja. Lexar juga sudah menguji kedua SSD ini untuk berjalan pada konsol game Playstation 5. Dan untuk seri SSD, nantinya Lexar akan memasukkan beberapa seri yang lebih terjangkau untuk para pengguna mainstream dan entry level.

Leanne juga mengatakan bahwa produk mereka mampu berjalan pada kecepatan yang dijanjikan. Untuk NM800, Leanne juga mengatakan bahwa sudah melakukan benchmark dengan Crystal Disk Mark 8 berulang-ulang kali. Hasilnya, NM800 selalu berada dalam rentang kecepatan sequential 7500 MB/s dan 6500 MB/s dengan perbedaan 5% saja.

Selain produk SSD, Lexar juga memiliki RAM DDR5 ARES RGB. Modul RAM ini memiliki kecepatan mulai dari 5600 Mbps hingga 6000 Mbps dengan timing CL32-36-36-68/CL34-38-38-76. RAM yang satu ini juga sudah mendukung Intel XMP 3.0 dan AMD EXPO, sehingga mampu dijalankan pada kedua platform tersebut.

ARES RGB juga memiliki heatspreader yang berbahan aluminum premium agar bisa menjaga kestabilan saat dijalankan. Selain itu, RAM ini juga dilengkapi dengan PMIC (Power Management IC) on-board untuk mengatur daya dengan lebih baik. Terakhir, RAM ini juga sudah memiliki lampu RGB yang bisa disesuaikan serta didukung oleh beberapa motherboard ternama seperti Gigabyte.

Dalam mendistribusikan produk SSD dan RAM yang diumumkan ini, Lexar bekerja sama dengan PT. Astrindo Senayasa. Untuk produk SSD NVMe, Lexar memberikan garansi hingga 5 tahun. Sedangkan untuk produk RAM, Lexar memberikan garansi seumur hidup.