Esports Ecosystem

Geek Fam Ekspansi ke Indonesia Lewat Akuisisi tim MLBB SFI.Critical

18 Jul 2019 | Akbar Priono
Akan Bertanding di MPL Season 4, dengan berisikan WongCoco sang kapten dan kawan-kawan.

Banyak hal terjadi jelang Mobile Legends Professional League Season 4 ini. Salah satunya adalah soal polemik para tim menghadapi sistem baru, sistem franchised league. Tapi selain soal itu, ada juga hal lain yang sebenarnya patut diperhatikan, yaitu ekspansi organisasi esports asal Malaysia, Geek Fam, ke Indonesia.

Berawal dari desas-desus, Geek Fam Indonesia akhirnya menunjukkan diri lewat postingan akun official @geekfamid pada 12 Juli 2019 lalu.

Sumber: Instagram @geekfamid
Pengumuman resmi dari Geek Fam atas ekspansi organisasinya ke Indonesia. Sumber: Instagram @geekfamid

Kehadiran Geek Fam di Indonesia bisa dibilang merupakan buah dari sistem franchise league yang akan diterapkan dalam MPL S4. Ekspansi Geek Fam ke Indonesia hadir lewat akuisisi tim SFI.Critical. Maka dengan ini, Geek Fam Indonesia hadir dengan roster Mobile Legends SFI.Critical pada MPL Season 4 mendatang.

“Setelah rencana franchise league diumumkan oleh Moonton, kami dari pihak SFI segera memikirkan hal ini.” Lee, owner SFI memberikan komentarnya kepada redaksi Hybrid. “Menurut saya, ini (franchised league) adalah rencana yang bagus. Tapi sebagai organisasi esports yang sedang tumbuh dan berkembang, saya khawatir membawa SFI ke dalam liga malah akan mengganggu pertumbuhan organisasi, terutama dari sisi finansial.”

Ketika polemik MPL Season 4 muncul ke permukaan, ongkos investasi memang menjadi salah satu hal yang cukup disorot. Dari berbagai informasi yang beredar, banyak yang mengatakan bahwa biaya investasi untuk masuk ke dalam liga MPL S4 adalah sebesar Rp15 miliar atau sekitar US$1 juta.

Namun, karena hal tersebut adalah investasi, tentunya Rp15 miliar tersebut datang dengan beberapa keuntungan yang bisa dinikmati oleh organisasi esports yang tergabung ke dalam liga.

“Inisiatif awal dari ekspansi kami adalah dengan terjun ke dalam kancah kompetitif MLBB di Indonesia. Kami mengakuisisi SFI.Critical, salah satu tim MLBB yang menonjol di Indonesia. Sambil mempersiapkan roster yang bertanding untuk MPL Season 4, kami juga mencari talenta terbaik untuk mengisi jajaran manajemen kami. Setelah menemukan orang yang tepat, baru setelahnya inisiatif ekspansi kami di Indonesia akan berjalan dengan kecepatan penuh.” Manajemen Geek Fam, lewat sebuah rilisan yang dikirimkan kepada redaksi Hybrid.

Sumber: Official Page SFI Esports indonesia
Roster Terakhir dari tim SFI.Critical. Sumber: Official Page SFI Esports indonesia

Terkait soal akuisisi roster SFI.Critical oleh Geek Fam, Lee juga memberikan sedikit komentarnya. “Manajemen dan player SFI.Critical sudah menyutujui hal ini dengan Geek Fam. Demi masa depan roster SFI.Critical, agar dapat bertanding di MPL. Pada satu sisi kami cukup sedih harus melepas mereka, namun di sisi lain kami juga berbahagia bisa melihat para pemain Doyok dan kawan kawan dapat bertanding di MPL Season 4, walau bukan di bawah naungan SFI.”

Moonton akan mengumumkan berbagai hal seputar MPL Season 4 lewat sebuah konferensi pers yang diadakan pada 23 Juli mendatang. Satu hal yang pasti, Anda pendukung Doyok, Ipin, Joker, Ramzu, dan Wongcoco tidak perlu khawatir. Mereka akan tetap bertanding dalam gelaran MPL Season 4, hanya saja kini berganti bendera menjadi tim Geek Fam.