Dark
Light

Gartner: Fans Apple Menanti iPhone Terbaru

1 min read
August 15, 2012

Dibandingkan dengan kuarter pertama tahun ini, market share smartphone berbasis iOS pada kuarter kedua tahun ini turun hingga 12.6%. Hal ini diduga karena para fans Apple sedang menunggu munculnya iPhone 5 yang kemungkinan akan dirilis September tahun ini. Meskipun demikian, smartphone berbasis iOS tetap menunjukkan pertumbuhan market share sebesar 0.6% jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Hal ini terungkap dari laporan Gartner tentang penjualan smartphone selama kuarter kedua tahun 2012 ini. Dalam laporan tersebut, pasar smartphone tetap dikuasai oleh Android yang menguasai sekitar 64.1%. Android dan iOS memimpin secara jauh jika dibandingkan dengan Symbian (5.9%), Blackberry (5.2%), Bada (2.7%) dan Microsoft (2.7%).

Secara umum, penjualan seluruh telepon di dunia turun sekitar 2% pada kuarter kedua tahun ini. Namun untuk smartphone, secara keseluruhannya penjualannya naik sekitar 43% dibandingkan tahun lalu. Dari 419 juta telepon yang terjual, 36.7% diantaranya adalah smartphone.

Selain karena akan hadirnya model iPhone terbaru, penjualan iPhone juga terhambat karena adanya situasi ekonomi yang sulit, terutama di Eropa. Keadaan tersebut memaksa pengguna menunda untuk melakukan upgrade terhadap smartphone mereka dengan jenis yang lebih canggih.

Namun, Gartner memprediksikan dengan keluarnya iPhone 5 dan pengembangan jaringan 3G di China, penjualan smartphone pada paruh kedua tahun 2012 akan meningkat.

Sementara jika dihitung berdasarkan vendor, Samsung masih memimpin penjualan telepon secaa keseluruhan. Samsung yang menguasai 21.6% pasar berhasil mengungguli Nokia (19.9%), Apple (6.9%), ZTE (4.3%), LG (3.4%), Huawei (2.6%), TCL, HTC, Motorola dan RIM.

Sumber : TechCrunch. Sumber Gambar : Digital Trends.

Previous Story

RIM Siap Perkenalkan Dua Perangkat BlackBerry 10 Pada Operator US

Next Story

Duo Pendiri Twitter Perkenalkan Layanan Baru bernama Medium

Latest from Blog

Don't Miss

Kopi-Kenangan-Jadi-Unicorn-Ini-Deretan-Startup-Centaurs-2021-yang-Siap-Menyusul.

Kopi Kenangan Jadi Unicorn, Ini Deretan Startup Centaurs 2021 yang Siap Menyusul

Daftar startup centaurs Indonesia 2021 mengalami pengurangan anggota dengan keluarnya

67% dari Populasi Dunia Punya Ponsel & Harga Rata-rata Global untuk 1GB Data Seluler $4,07

Meski pandemi Covid-19 menyebabkan pasar smartphone mengalami penurunan, namun jumlah