3 October 2022

by Dimas Galih W.

Garmin Venu Sq 2 Bakal Diluncurkan di Indonesia, Dalam 2 Varian

Garmin bakal meluncurkan 2 buah smartwatch nya di Indonesia. Perangkat ini digadang merupakan versi terjangkau dari jajaran perangkat mereka

Garmin saat ini sedang mempersiapkan untuk meluncurkan jam tangan terbarunya. Nama dari jam tangan pintar tersebut adalah Garmin Venu Sq 2. Saya pun diundang oleh Garmin untuk melakukan hands on perangkat terbarunya tersebut pada tanggal 28 September 2022 yang bertempat di The Maj Senayan.

Garmin Venu Sq 2 merupakan jam tangan pintar yang memiliki layar AMOLED 1,41 inci dengan resolusi 320 x 360 piksel. Layarnya sendiri juga sudah cukup kuat karena menggunakan Gorilla Glass 3 sehingga lebih tahan terhadap goresan. Smartwatch ini bakal saat menyelam di kedalaman 50 meter karena sudah tersertifikasi 5 ATM. Dan Garmin mengklaim bahwa perangkat ini mampu bertahan hingga 11 hari dalam mode smartwatch dan 26 jam saat dalam mode GPS.

Ada sekitar 25 aplikasi olah raga bawaan yang ada pada Garmin Venu Sq 2, seperti profil berenang, golf, tenis, dan lain sebagainya. Jam tangan pintar ini juga memiliki fitur fitness age yang memperkirakan apakah tubuh kita lebih muda atau lebih tua dari usia sebenarnya. Fitur lainnya yang berguna adalah kita dapat melakukan perencanaan latihan yang terdiri dari lebih dari 1.600 latihan. Dan untuk yang suka lari, ada fitur Garmin Coach yang membantu pengguna untuk berlatih lari 5K, 10K, hingga half marathon.

Venu Sq 2 dapat digunakan untuk melacak langkah, menit intensitas, kalori yang terbakar, dan banyak lagi. Ada pula fitur body battery yang dapat memantau apabila tenaga kita terkuras dan perlu diisi ulang dengan tidur nyenyak. Tidurnya sendiri juga bisa dipantau dengan fitur Sleep Monitoring dan Sleep Score. Fitur Health Snapshot dapat merekam beragam statistik, termasuk detak jantung, variabilitas detak jantung, Pulse Ox, pernapasan dan stres.

Selain itu, ada pula fitur standar sebuah smartwatch seperti Pulse Ox2 yang mengukur saturasi oksigen. Ada pula alat pengukur detak jantung yang terletak di bagian bawahnya. Untuk para wanita, jam tangan ini bisa melacak siklus menstruasi atau kehamilan.

Saat saya memegang Garmin Venu Sq 2, cukup terasa seperti tidak memegang jam tangan buatan Garmin. Jam tangan ini terasa cukup 'plasticky', berbeda dengan jam tangan Garmin yang terasa kokoh dan keras. Walaupun begitu, saya suka pada desain kotak yang dibawa oleh jam tangan yang satu ini. Strap yang digunakan juga terasa cukup tebal, berbeda dengan jam tangan pintar sekelas.

Oleh karena saya telat datang pada acara ini, tidak banyak yang bisa saya ceritakan. Saya juga masih belum terbiasa untuk mencoba menu yang ada pada jam tangan ini. Jadi, masih sering kali berputar-putar pada menu itu-itu saja. Memang, butuh penyesuaian dalam mengoperasikan perangkat yang satu ini.

Ternyata jam tangan pintar ini juga memiliki versi Music Edition. Hal tersebut berarti bahwa varian tersebut bisa diisikan file-file musik seperti MP3 dan AAC. Garmin Venu Sq 2 Music Edition juga bisa mengontrol aplikasi streaming lagu seperti Spotify dan Deezer dan langsung terkoneksi ke perangkat bluetooth headset. Hal ini sangat pas jika saya ingin melakukan olah raga lari tanpa harus kepikiran apakah smartphone saya terjatuh atau tidak.

Garmin Venu Sq 2 bakal diluncurkan di Indonesia pada bulan Oktober 2022 ini. Untuk harga dan ketersediaan, tentu saja kita harus menunggu hingga peluncurannya dilaksanakan.