20 January 2022

by Lukman Azis

Garmin Umumkan Fenix 7 Series, Smartwatch GPS Dengan Pengisian Tenaga Surya Dan Lampu Senter

Fenix ​​​​7 series menambahkan fitur layar sentuh, pengisian tenaga surya lebih baik, dan lampu senter

Garmin secara konsisten menghadirkan smartwatch tangguh untuk kalangan penggemar olahraga dan adventure. Yang terbaru, mereka telah memperkenalkan Fenix 7 series dan Epix Gen 2.

Fenix 7 series adalah smartwatch multisport yang dilengkapi GPS, ia tersedia dalam tiga ukuran yakni Fenix 7S 42mm, Fenix 7 47mm, dan Fenix 7X 51mm. Fenix 7 dan Fenix 7S akan datang dalam versi 'reguler' yang terbuat dari material polymer yang diperkuat dengan fiber.

Ketiga model tersebut juga tersedia dalam varian Solar Edition, serta Sapphire Solar Edition yang punya daya tahan ekstra berkat penggunaan material titanium dan layar safir. Garmin juga menambahkan kemampuan pengisian tenaga surya dengan luar permukaan solar 54% lebih banyak dibanding Fenix 6X Pro yang berarti memberikan masa pakai baterai lebih lama.

Dengan mengaktifkan GPS, Garmin mengatakan masa pakai maksimal untuk Fenix 7S adalah 90 jam dan 162 jam dengan pengisian daya surya. Fenix 7 lebih mengesankan lagi, ia dapat bertahan lebih dari 136 jam dan menjadi 289 jam dengan solar. Kemudian untuk Fenix 7X mendapatkan 289 jam atau 578 jam dengan solar, itu semua perkiraan dan mungkin sedikit berbeda di kehidupan nyata tergantung pada penggunaan.

Lebih lanjut, Fenix 7 series mendukung setiap sistem satelit utama dan juga menambahkan rentang frekuensi L5 untuk akurasi yang lebih baik di lingkunan GPS yang menantang. L5 sendiri merupakan salah satu dari tiga sinyal GPS modern untuk penggunaan sipil yang memiliki daya lebih tinggi, bandwidth lebih besar, dan desain sinyal lebih canggih.

Semua jam tangan pintar Fenix terbaru dibekali layar sentuh, namun tetap dibekali tombol kontrol fisik. Fitur menarik lainnya adalah Fenix 7X memiliki fitur LED flashlight baru dengan cahaya merah atau putih yang dapat disesuaikan untuk membantu pengguna melihat dan dilihat selama aktivitas malam hari, cara mengaktifkannya cukup melalui ketukan dua kali.

Untuk software, Garmin menambahkan tool Real-Time Stamina untuk membantu pengguna membandingkan potensi stamina yang Anda miliki. Kemudian ada fitur pemetaan baru yang disebut Up Ahead, yang memberi tahu pengguna lokasi stasiun bantuan, tanjakan ketinggian, air, dan tempat menarik lainnya di jalur tertentu.

Garmin Epix Gen 2 / Garmin

Beralih ke Epix Gen 2, ia membawa keunggulan layar OLED 1,3 inci yang bisa always-on dan membawa banyak fitur Fenix 7 series termasuk Real-Time Stamina. Bedanya Epix Gen 2 tidak mendukung pengisian solar dan tidak dibekali LED flashlight. Untuk masa pakai baterai, Epix Gen 2 diklaim dapat bertahan hingga 16 hari dan enam hari dengan layar always-on.

Baik Fenix 7 series dan Epix Gen 2 dibekali rangkaian fitur standar seperti notifikasi push, Garmin Pay, penyimpanan musik, dan fitur keselamatan. Mereka juga datang dengan fitur kesehatan Garmin seperti heart rate monitoring, respiration, stress tracking, body battery, fitness age, dan sleep tracking.

Sekarang berapa harganya? Dengan semua keunggulan yang disebutkan di atas, Fenix ​​​​7 series dijual cukup mahal. Fenix ​​​​7S dan 7 dijual mulai dari US$699,99 dan US$899.99. Sementara Fenix 7X dan Epix Gen 2 dijual dengan harga yang sama, yakni berkisar dari US$899,99 hingga US$999,99.

Sumber: TheVerge