Dark
Light

GantiBaju.com Mulai Kembangkan Model Bisnis ‘Di luar’ Kaos

2 mins read
January 5, 2011

Kalau Anda menjadi salah satu gaban (sebutan untuk komunitas GantiBaju) atau Anda pemerhati startup yang satu ini, mungkin Anda melihat Tweet mereka yang mempromosikan tema baru dari desain yang bisa di submit ke situs GantiBaju, yaitu yang berhubungan dengan salah satu penyedia jasa telekomunikasi, XL.

Tema baru ini dinamakan Finding XouLmate  yang berkaitan dengan slogan XL ‘xlalu untukmu’ yang juga digabungkan dengan nuansa Valentine bulan Februari nanti. Para desainer kaos harus melakukan submit sepasang desain yang berhubungan dengan ekspresi cinta, soulmate, fun, simple, attractive dan dominasi warna XL, biru-oranye-putih (minus warna hijau?). Hadiah yang diberikan juga sangat menarik, yaitu dua buah iPad.

Tema desain di GantiBaju mungkin sudah biasa, karena mereka memang selalu memberikan tema untuk proses submit desain, yang biasanya juga dikaitkan dengan momen tertentu, namun saya sendiri penasaran dengan kerja sama antara GantiBaju dan XL ini, sepertinya ‘bukan kerja sama biasa’, dan saya mencoba mengontak Aria Rajasa untuk mendapat informasi tambahan tentang kerja sama ini.

Aria menjelaskan bahwa kerja sama dengan XL merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh GantiBaju untuk mengembangkan bisnis di luar kaos yaitu sebagai media outlet, “Kami merambah ke bentuk revenue model yang kedua yaitu membuat Gantibaju.com sebagai media outlet untuk brand yang ingin melakukan campaign. Bentuk gampangnya yaitu Gantibaju.com “menyewakan” platform crowdsourcing untuk dipakai dalam campaign online”.

Aria juga menambahkan bahwa strategi seperti ini juga akan menjadi program rutin dari GantiBaju, yang akan berencana untuk melakukan sponsored theme dengan brand besar lain, jangka waktu yang direncanakan adalah minimal 4 kali setahun.

Cukup menarik, karena selain menjual kaos, GantiBaju juga memiliki komunitas yang cukup besar, baik dari partisipan desain maupun mereka yang secara rutin menjadi pembeli kaos GantiBaju. Win-win solution antara XL dan GantiBaju, XL bisa mempromosikan layanan mereka sesuai dengan program promosi atau tag-line mereka dan GantiBaju bisa menyediakan media tanpa mengorbankan program mereka sendiri, karena sistem submit serta tema masih terjaga, lagi pula tema yang ada juga tidak berupa hard promo karena desainer tetap bisa berkreasi tanpa harus mencantumkan nama merek tertentu secara langsung, didukung juga dengan timing yang cukup pas, digabungkan dengan tema Valentine.

Selain itu, dari sisi pengembangan bisnis, menjadi menarik juga melihat GantiBaju yang mengembangkan cara monetisasi berdasarkan dari nilai serta sumber daya yang mereka punyai, komunitas serta sistem vote desain (platform crowdsourcing). Acara pengumuman pemenang untuk kerja sama dengan XL ini juga dikatakan Aria akan dilaksanakan dengan cukup meriah, karena bertepatan dengan ulang tahun GantiBaju di Bulan Februari.

Aria juga menambahkan bahwa tahun 2010 telah menjadi tahun yang baik bagi GantiBaju, selain beberapa penghargaan yang mereka dapatkan antara lain, menang Accelerate di Singapore dan juga SparxUp Award 2010, mereka juga telah membuka toko pertama mereka di Mazee atau mall fx. Pertumbuhan anggota GantiBaju serta penjualan juga berkembang pesat, salah satunya dikarenakan liputan media yang juga cukup banyak.

So, apa yang akan GantiBaju lakukan di tahun 2011 ini, Aria sedikit memberi bocoran antara lain, GantiBaju akan mempromosikan dengan gencar bentuk revenue model mereka yang baru, seperti yang dijelaskan di atas. yaitu sebagai media outlet, kemudian persiapan acara ulang tahun GantiBaju dengan menggelar malam penghargaan untuk semua prestasi yang didapatkan desainer di tahun 2010, seperti (best tee, best selling, most active designer, etc), serta lebih gencar mengadakan event gathering di berbagai kota.

Sedangkan untuk fitur, sayang sekali tidak ada bocoran yang bisa diberikan oleh Aria, Anda harus bersabar untuk melihat rilis fitur baru dari GantiBaju.com.

So i guess, kita akan melihat lebih banyak lagi kerja sama semacam GantiBaju-XL di tahun 2011, kita lihat siapa perusahaan lain yang akan bekerja sama dengan GantiBaju, sementara itu mari kita berharap di ulang tahun GantiBaju nanti, mereka akan bagi-bagi kaos secara gratis. 😉

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

2 Comments

  1. hmm keren !!! start up yang langsung bisa melakukan kerjasama B2B dengan pelaku bisnis mainstream..sangat menarik nih bisa dijadikan pelajaran…sukses untuk team gantibaju.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Inilah Pemenang Best Local Startup dan CEO/Founder Of The Year 2010

Next Story

Bubble Motion Rilis Daftar Selebriti Indonesia Paling Populer di Layanan BubbleBlog (Updated)

Latest from Blog

Don't Miss

Pentingnya Industri Telekomunikasi untuk Kembangkan Industri Game dan Esports

Nilai dari industri game meroket selama pandemi COVID-19. Bahkan setelah
Pitchplay

Platform Distribusi Konten Video Pitchplay Tawarkan Alat Monetisasi Baru di Industri Musik

Industri musik menjadi salah satu yang terkena dampak paling besar