Rekomendasi Gaming Smartphone di Tahun 2020

Pengalaman bermain mobile games bisa dimaksimalkan dengan beberapa pilihan smartphone sebagai berikut.

Seiring berkembangnya teknologi mobile gaming menjadi trend yang terus tumbuh secara luas, sekalipun tidak semua orang serius terjun jadi atlet esports, tetapi deretan mobile games terus bisa menemukan penggemarnya tersendiri.

Jika Anda lebih tertarik untuk mencari tahu spesifikasi ponsel apa saja yang penting untuk kebutuhan gaming, Anda bisa membacanya di sini.

Berikut adalah rangkuman rekomendasi smartphone sampai pertengahan 2020 dengan performa yang bisa meningkatkan pengalaman mobile gaming Anda:

 

Black Shark 3 Pro

Di urutan atas datang Black Shark yang fokus pada smartphone untuk keperluan gaming. Layar Super Big Amoled akan memanjakan mata dengan memberikan warna yang tajam.

Refresh rate di angka 90Hz menjadi pembaruan yang diterapkan Black Shark, selangkah lebih maju dari generasi sebelumnya. Sejauh ini Black Shark bisa memberikan touch response di angka 270Hz, angka yang jelas-jelas memimpin di kelasnya dan bisa memberikan input sentuh yang lebih akurat.

Dapur pacu prosesor Quallcomm Snapdragon 865 adalah yang membuatnya bisa bersaing dengan beberapa smartphone gaming lainnya. Selain dijejali dengan baterai sebesar 5000 mAh, ia juga disertai dengan sistem pendingin untuk kenyamanan bermain yang maksimal.

 

iPhone 11 Pro Max

Siapapun yang merasa Apple fanboys, ponsel ini adalah pilihan terbaik untuk performa gaming yang mantap. Dengan chipset A13 Bionic yang dibenamkan, seluruh proses yang berlangsung pada iPhone Anda akan diatur secara efektif. Sekalipun iPhone pro Max tercatat memiliki 4GB RAM, performa yang diberikan tetap bisa menyamai smartphone high end lainnya karena manajemen proses yang berbeda dari sistem operasi Android.

iPhone 11 Pro Max ditopang oleh baterai berkapasitas 3969mAh, juga mencatatkan response rate di angka 120Hz. Selain refresh rate 60Hz, ia juga bisa menjanjikan menggunakan pilihan setting grafis game rata kanan.

 

Samsung Galaxy S20

Koleksi baru dari Samsung ini sekalipun tidak dirancang khusus untuk gaming, sebenernya sangat siap dari sisi hardware. Response rate layar Samsung Galaxy S20 ternyata bisa meraih angka 240Hz. Refresh rate sebesar 120Hz akan menyajikan tampilan video dan grafis yang mulus dari casual game sampai game yang menuntut tampilan hi-res.

Memori penyimpanan yang masih bisa ditambah dengan memory card membuat Samsusng bisa diandalkan menyimpa file berukuran besar. Samsung Galaxy S20 beredar dengan 2 prosesor yang berbeda yaitu Snapdragon 865 dan Exynos 990, keduanya sama-sama menjanjikan performa yang efisien.

 

Huawei P40

Huawei ternyata tidak main-main dalam meramu lini produk flagship mereka. Huawei P40 adalah versi yang lebih ringan dari versi pro dan pro+ yang mengusung fitur kamera yang serius.

Di luar fitur kamera, performa Huawei P40 juga cukup mumpuni bagi kegiatan mobile gaming. Layar berukuran 6.4 inci masih  mendukung refresh rate di angka 60Hz. Dengan baterai berkapasitas 3800mAh Huawei P40 bisa dimainkan dan dipakai beraktivitas dalam waktu yang cukup panjang. Pengisian daya juga menjadi poin penting jika Anda tidak ingin berlama-lama menunggu untuk kembali bermain.

 

Blackshark 2 Pro

Smartphone yang yang hadir lebih dulu sebelum Black Shark 3, masih pantas untuk duduk dalam daftar ini. Kapasitas baterai 4000 mAh dan refresh rate 60Hz masih menjadi poin yang kuat unntuk bersaing di lini produk gaming smartphone papan tengah.

Snapdragon 855+ menjadi kunci dari performa Black Shark 2 Pro. Kapasitas penyimpanan 128 GB dan RAM 8 GB adalah keperluan hardware yang cukup untuk mencegah performa laggy dari game yang dimainkan.

 

Vivo iQoo 3 5G

Dari deretan gaming smartphone di rentang menengah Vivo iQoo 3 5G adalah pilihan yang tepat. Ukuran layar 6.4 inci dan Corning Gorilla Glass 6 akan membuat Anda merasa aman untuk tidak menambahkan aksesori pelindung.

Dari sisi prosesor Vivo iQoo 3 5G membenamkan chipset teknologi terkini yaitu  Snapdragon 865. Didukung dengan baterai 4400 mAh maka Anda dapat bermain tanpa harus khawatir mengisi daya kembali. Pada versi basic kapasitas penyimpanan 128 GB didukung dengan RAM sebesar 6 GB.

 

OPPO Reno 3

OPPO tergolong jarang terdengar digunakan sebagai smartphone dengan kekuatan gaming. Namun nyatanya OPPO bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan pengalaman gaming dengan visual yang baik di kelasnya.

Layar berukuran 6.4 inci menjadi faktor yang bisa ditonjolkan oleh OPPO. Chip  Helios P90 adalah salah satu teknologi chip yang bisa bersaing dengan teknologi Snapdragon di level yang seimbang. RAM sebesar 8GB dan penyimpanan 128GB ikut menjadi standar untuk gaming smartphone.  Pengisian daya dari OPPO Reno 3 tergolong cukup cepat dengan baterai berkapasitas 4025mah.

 

Xiaomi MI 9 T Pro

Penantang yang cukup potensial datang dari lini produk Xiaomi MI. Sejauh ini MI bisa menyajikan hardware dari lini smartphone kelas atas dengan harga lebih terjangkau. Tercatat refresh rate 120 FPS bisa diberikan oleh MI 9 T Pro. Dengan chipset Snapdragon 730 performanya masih bisa dimaksimalkan. Sedangkan kapasitas storage dari 64GB dan RAM 6GB sudah cukup untuk memainkan gamehi-res bahkan keperluan esports.

 

Realme 6 Pro 

Best option berikutnya datang dari ponsel berkisar harga Rp4 jutaan. Realme 6 pro memberikan setidaknya seluruh pendukung untuk menjalankan game dengan performa maskimal. Dari sisi prosesor Realme 6 Pro dibekali dengan Snapdragon 720G. Refreshrate yang tercatat pada angka 90Hz yang bisa memaksimalkan tampilan yang halus pada video maupun game yang dimainkan. Kapasitas baterai 4300 mAh dilengkapi juga dengan RAM 8GB dan penyimpanan sebesar 128GB.

 

Vivo V17 Pro

Yang terakhir, sekalipun membawa lensa yang apik, VIVO V17 Pro memiliki potensi untuk menjalankan game dengan spec yang tinggi. Dari sisi memori, VIVO V 17 Pro diluncurkan dengan kapasitas RAM 8GB dan internal storage 128GB. Layar Super AMOLED 6.4 inci masih bisa memberikan refresh rate 60Hz dan resolusi 4K. Sedikit kelemahan yang dimiliki Vivo v17 Pro adalan grip yang terasa sedikit licin.