23 August 2013

by Yoga Wisesa

Gamescom Day-Three: Titik Puncak Gamescom Cologne

Akhirnya saya bisa mulai bernafas lega karena di hari ketiga Gamescom Cologne, arus pengumuman dan berita mulai melambat. Tapi tetap saja ada banyak informasi teknologi dan hiburan yang bisa saya rangkum dari event gaming terbesar di Eropa ini. Para exhibitor dan tuan rumah harus bersiap menerima kedatangan pengunjung – besok adalah titik puncaknya.

Mungkin Anda merasa kewalahan dengan pengumuman-pengumuman game di Gamescom yang tampak tiada habisnya, jadi saya akan memulai artikel ini bukan membahas console ataupun game, tapi teknologi engine terbaru. Bermarkas di Jerman, perusahaan Crytek (developer salah satu franchise first-person shooter terbesar dan inovator dalam teknologi visual) mengumumkan bahwa mereka sedang merakit engine grafis baru penerus CryEngine 3 yang diperkenalkan di 2009.

Kali ini mereka tidak menambahkan angka di belakang nama trademark itu, dan hanya menyebutnya dengan “CryEngine”. Carl Jones, selaku representasi dari CryTek, menjelaskan alasan mereka melakukan hal ini, “Semenjak dirilis di 2009, CryEngine 3 telah mengalami banyak perubahan dan juga fitur-fitur baru, jadi pada dasarnya engine ini bukan lagi engine yang biasa kita kenal.”

“Kami telah merevolusi banyak aspek dari engine grafis ini: kami telah merombak semua sistem pencahayaan, menciptakan solusi karakter dan animasi sekelas film, meningkatkan kecepatan render dan tingkat efektivitas editor Sandbox-nya, bahkan menambahkan fitur tessellation, penempatan pixel mapping yang lebih akurat dan rendering berbasis fisik; semua ini dengan tetap menjaga prinsip pertama kami: memproses game secara real-time, tiap waktu.”

Apakah penjelasan tuan Jones terlalu rumit untuk Anda? Video di bawah ini akan menjelaskan semuanya dengan lebih mudah:

Kabar kedua datang dari salah satu franchise adventure klasik. Setelah meluncur di Kickstarter dan cukup sukses dalam mencapai target mereka, Revolution Software asal Prancis akhirnya merilis trailer premiere Broken Sword 5 di Gamescom – kali ini diberi judul Broken Sword: The Serpents Curse.

Dari trailer ini tampaknya Broken Sword telah berangkat dari art direction cantik yang diusungnya di akhir 90-an dengan teknologi baru. Saya belum tahu apakah trailer ini berisi visual gameplay sesungguhnya atau hanya dipenuhi cutscene sinematik. Satu hal yang bisa dipastikan adalah The Serpents Curse akan mengajak Anda kembali bertualang sebagai George dan Nico, dibumbui kasus-kasus pembunuhan, persekongkolan dan misteri. Silakan nikmati trailer premiere-nya di bawah ini:

Kabar lebih ringan datang dari booth Activision. Berkenaan dengan Call of Duty: Ghost, Mark Rubin dari Infinity Ward memberikan sebuah komentar pada NowGamer, “Satu hal yang bisa kami katakan dengan pasti adalah kami juga menambahkan fitur dedicated server untuk versi PC. Saat ini saya belum bisa bilang bagaimana fitur ini akan bekerja dan disuguhkan, sebagian karena kami masih berada dalam tahap pengerjaan.”

“Pada dasarnya, alasan mengapa sebelumnya Infinity Ward tidak menghilangkan fitur ini adalah kami secara konstan selalu meng-update game tersebut, bahkan ketika seisi komunitas tidak mengetahuinya.” Tampaknya Rubin berusaha menghindari arah pembicaraan: update senjata terakhir menghancurkan keseimbangan game, membuat hampir seisi komunitas murka.

Di bawah ini bukanlah trailer multiplayer baru yang dirilis di Gamescom, namun dapat menggambarkan seperti apa multiplayer CoD: Ghost nantinya.

Sebagai berita lanjutan artikel Castlevania: Lords of Shadow 2 lalu, Konami juga merilis video gameplay-nya. Terlepas dari nama yang diusungnya, Lords of Shadow 2 benar-benar mengingatkan saya pada God of War dan DmC: Devil May Cry. Sebelum Anda menyimak video di bawah, perlu Anda katahui bahwa video ini berisi spoiler Lords of Shadow pertama – baru akan dirilis untuk PC 25 Agustus besok.

Baiklah, mungkin sekian dulu update round-up Gamescom hari ini. Berita lain yang berhubungan dengan Gamescom: Retro City Rampage untuk Nintendo 3DS tidak disajikan dengan fitur 3D; Bethesda mengumumkan Elder Scrolls Online akan mengadopsi metode pembayaran berlangganan; kemudian Nintendo juga memamerkan fitur baru Pokemon X and Y di Gamescom.

Berita ini dirangkum dari beberapa sumber artikel. Terimakasih kepada The EscapistPC Gamer, dan IGN.

Sumber gambar: Laman resmi Gamescom.