16 April 2023

by Daniel Hamiaz

Final Fantasy 16 Pamerkan 25 Menit Gameplay di State of Play 2023

Yang paling menarik dari demo tersebut adalah pertarungan antar Eikon raksasa seperti menonton adegan sinematis

Melalui State of Play terbaru, Sony dan Square Enix memamerkan gameplay dari Final Fantasy XV1 atau FF16. Tak tanggung-tanggung, video yang diberikan berdurasi hingga 25 menit. Banyak hal yang dipamerkan di dalam demo tersebut, seperti grafis, cerita, dan mekanik bertarung yang diterapkan.

Presentasi dibawakan langsung oleh Naoki Yoshida atau Yoshi P selaku produser Final Fantasy 16. Ia menjelaskan semua aspek Final Fantasy 16 yang menawarkan game penuh aksi. Dan yang paling menarik perhatian dari demo tersebut ialah pertarungan antar Eikon, makhluk terkuat yang ada di dunia  Valisthea.

Saat bertarung, terlihat jelas Square Enix ingin menunjukkan kemampuan penuh PlayStation 5 dalam mengolah grafis dan gameplay yang menakjubkan dan seamless. Pemain yang sedang bertarung, terutama pada pertarungan antar Eikon raksasa, akan dimanjakan dengan grafis bak adegan sinematis.

Dalam pertarungan tersebut, pemain akan mendapatkan cara bertarung yang variatif, dan tidak hanya sekadar berhadap-hadapan dengan lawan saja, seperti berlari menghindari serangan, atau menembaki titik lemah dari musuh. Semuanya dibalut dengan gaya cutscene layaknya sebuah film.

Di dalam videonya, dijelaskan juga bahwa untuk bermain Final Fantasy 16, pemain tidak perlu memainkan seri-seri sebelumnya, sebab FF16 akan mengangkat cerita yang benar-benar baru. FF16 kali ini akan mengikuti cerita Clive Rosfield, putra pertama dari Archduke of Rosaria, yang ditugaskan untuk melindungi adiknya yang bernama Joshua, yang merupakan Dominant dari Eikons Phoenix.

Mengambil setting di zaman peperangan medieval Eropa, ada banyak makhluk-makhluk dengan kekuatan dahsyat yang disebut dengan "Eikons". Makhluk-makhluk tersebut bisa bersemayam dalam tubuh manusia dan manusia tersebut akan disebut dengan "Dominant". Dari demo gameplay Final Fantasy 16 yang ditunjukkan, sepertinya Clive akan mendapatkan Eikons Ifrit yang akan bertarung bersamanya.

Square Enix juga mengeklaim bahwa FF16 akan menjadi the trueaction RPG pertama untuk seri Final Fantasy. Hal ini dikarenakan game-game di seri tersebut lebih condong ke arah JRPG.

Dalam blog resminya, PlayStation juga memberikan sejumlah highlight untuk beberapa fitur menarik. Contohnya seperti Clive's Hideout yang merupakan sebuah safehouse bagi Clive. Pemain bisa melakukan banyak hal, seperti melakukan crafting, mengumpulkan material, atau menjalankan latihan. Pemain juga bisa mengerjakan side quest untuk mendapatkan EXP dan item.

Final Fantasy XVI direncanakan akan dirilis eksklusif untuk PlayStation 5 pada 22 Juni 2023 selama enam bulan pertama. Setelah periode tersebut berakhir, FF16 akan dirilis pada platform lain.