Featured Article
for SEO
Featured Article

10 Game yang Aman Dimainkan saat Puasa

16 April 2022Adi Nawan

Ada banyak pilihan game yang minim resiko membatalkan puasa.

Bermain video game memang tidak mengenal waktu, sehingga saya yakin banyak para gamer yang masih tetap konsisten bermain video game selama bulan puasa ini berlangsung. Entah untuk sekadar mengisi waktu ataupun memang menjadi agenda ngabuburit setiap harinya.

Namun yang perlu disadari adalah puasa tetaplah ibadah wajib yang memiliki beberapa aturan dan batasan yang harus diperhatikan. Hal-hal seperti tidak boleh emosi hingga menjaga dari semua hal yang membangkitkan hawa nafsu harus diperhatikan agar puasa yang dilakukan tidak batal dengan konyol.

Maka dari itu di sini saya memberikan rekomendasi 10 game yang aman dimainkan selama puasa. Sebagai batasannya, game-game yang dipilih akan memiliki tingkat kekerasan dan juga konten dewasa seminimal dan seaman mungkin.

Cities: Skylines

Platform: PC, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, Google Stadia

Mari memulai daftar ini dengan salah satu game yang terbilang sangat aman saat puasa. Dalam Cities: Skyline pemain diminta menjadi ahli tata kota yang harus mengatur bagaimana desain kota yang paling ideal menyesuaikan lokasinya.

Untuk menjaga permainan lebih aman, Cities: Skylines menyediakan mode sandbox yang memungkinkan pemain bebas mengatur jalan, bangunan yang akan dibangun, hingga menghias kotanya tanpa perlu khawatir mengenai manajemen keuangan yang mungkin memusingkan sebagian orang.

Minecraft

Platform: Semua platform

Bila Cities: Skylines dianggap terlalu terbatas, maka Minecraft tentunya menjadi solusi. Dalam game ini pemain bisa membangun apapun sebebas-bebasnya. Dan sudah bukan rahasia umum bahwa game ini akan menghabiskan banyak waktu tanpa terasa.

Selain itu bagi para pemain yang tidak terlalu berfokus pada membangun dapat memainkan berbagai macam mode yang disediakan oleh komunitasnya. Apalagi game ini juga tersedia di berbagai platform mulai dari PC, PlayStation 5, hingga smartphone.

Marvel’s Guardian of the Galaxy

Platform: PC, PlayStation 5, PlayStation 4, Xbox Series X|S, Xbox One, Nintendo Switch

Bagi yang ingin merasakan petualangan ke luar angkasa selama bulan puasa ini maka Marvel’s Guardian of the Galaxy merupakan jawaban terbaik. Apalagi game ini kini sudah tersedia di Xbox Game Pass dan dapat dimainkan dengan harga yang terjangkau.

Game ini akan mengajak pemain mengikuti petualangan tim Guardian of the Galaxy dan bertempur bersama. Pertarungan dalam game ini tidak akan membuat frustasi, dan titik berat game-nya tetap ada pada cerita narasi yang diusung. Apalagi di beberapa titik pemain akan dihadapkan dengan pilihan yang akan memberikan cerita yang berbeda.

It Takes Two

Platform: PC, PlayStation 5, PlayStation 4, Xbox Series X|S, Xbox One

Berpetualang sendirian mungkin kurang menyenangkan, maka dari itu It Takes Two hadir untuk memfasilitasi para pemain untuk bermain bersama keluarga, pasangan, maupun teman. Game ini tentunya tidak perlu diperkenalkan lagi karena sudah sering memenangkan penghargaan termasuk Game of the Year 2021 versi TGA.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pemain dan rekannya nantinya akan berpetualang bersama dan saling membantu dalam memecahkan berbagai halangan yang ada di dalam game-nya. Yang mengasyikkan adalah game ini memiliki variasi tantangan yang bervariasi sehingga tidak akan membuat cepat bosan.

Unpacking

Platform: PC, Xbox One, Nintendo Switch

Sebagai informasi game ini baru saja memenangkan Game of the Year versi publik di BAFTA Awards 2022. Sehingga pastinya ada hal menarik yang dicintai oleh komunitas gamer terhadap game yang satu ini.

Unpacking sendiri pada dasarnya adalah sebuah game puzzle yang mensimulasikan pengalaman menata rumah baru. Permainannya menggabungkan elemen puzzle mencocokkan benda sekaligus mendekorasi rumah. Membuat game ini menyenangkan sekaligus menenangkan untuk dimainkan.

Forza Horizon 5

Platform: PC, Xbox Series X|S, Xbox One

Berkendara saat panas di bulan puasa memang bukan hal yang ideal, maka dari itu ada baiknya melakukan hal tersebut lewat Forza Horizon 5. Di dalam game ini pemain akan memacu kendaraan di area Meksiko yang indah dan kegiatan.

Balapan di Forza Horizon 5 bisa dibilang merupakan yang paling ramah dan fleksibel. Karena bila pemain tidak ingin frustasi, maka tingkat kesusahan AI musuhnya dan beberapa parameter lainnya bisa diatur lebih mudah. Ditambah lagi game ini memiliki fitur rewind yang dapat memutar balik saat pemain melakukan kesalahan saat balapan.

Animal Crossing: New Horizons

Platform: Nintendo Switch

Meskipun bukanlah game baru, namun tidak afdol rasanya membuat rekomendasi game yang aman dan adiktif tanpa memasukkan Animal Crossing: New Horizons. Game ini bisa dibilang menjadi penguasa selama awal-awal lockdown dan bertahan cukup lama.

Pemain akan menjadi penduduk baru di desa yang nantinya akan menemui dan bersosial dengan berbagai penduduk unik dan lucu yang ada di dalam game-nya. Game ini memiliki banyak aktivitas yang pasti akan menghabiskan banyak waktu tanpa terasa.

Coffee Talk

Platform: PC, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch

Bila Anda menginginkan sebuah gamevisual novel dengan konsep dan art style yang unik maka Coffee Talk bisa menjadi jawabannya. Game ini akan menempatkan pemain menjadi seorang barista yang akan menyajikan pesanan kopi dari karakter-karakter unik yang ada dalam game-nya.

Setiap karakter yang akan pemain temui dalam game ini akan memiliki pesanan dan juga cerita dan masalah yang berbeda-beda. Pemain juga berkesempatan untuk memilih dialog apa yang cocok untuk menimpali karakter yang ada. Perbincangan yang dilakukan ini juga nantinya akan menggiring naratif yang dihadapi pemain.

Euro Truck Simulator 2

Platform: PC

Forza Horizon 5 memang menawarkan balapan yang memacu adrenalin, tetapi bila Anda menginginkan sebuah game mengemudi yang menenangkan maka pilihan terbaik jatuh pada Euro Truck Simulator 2 terlepas game ini telah berumur 10 tahun.

Faktanya, berkat umurnya yang sudah senior, game ini memiliki banyak sekali konten untuk membuat pemain tetap sibuk dan antusias dalam mengantarkan barang-barang menggunakan truk. Apalagi game ini memiliki ‘ProMods’ yang membuat mapnya jauh semakin luas dan menarik untuk dijelajahi.

PC Building Simulator

Platform: PC, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, SteamOS

Game simulasi lain yang mungkin bisa dimainkan selama bulan puasa ini adalah PC Building Simulator. Game ini juga kelihatannya dapat menjadi obat sakit hati bagi para gamer yang masih belum bisa membangun / melakukan upgrade pada PC gaming-nya karena harga part-nya yang masih tinggi.

Pemain bisa mengikuti misi untuk membangun PC sesuai permintaan klien, ataupun bereksperimen untuk membangun PC gaming virtual impiannya. Apalagi game ini juga menyediakan ribuan kombinasi komponen mulai yang murah hingga yang paling mahal yang akan seru untuk dicoba.

 

Play video

26 May 2022

#shorts Redmi Note 11 Pro

Sekilas tentang smartphone Xiaomi Redmi Note 11 Pro.

Others from #HybridTV