12 Game PlayStation 2 Terbaik Sepanjang Masa

Game-game PlayStation 2 menyimpan banyak memori indah.

PlayStation 2 atau PS2 kelihatannya menjadi salah satu konsol yang paling berpengaruh dalam sejarah konsol PlayStation. Hadir menemani para gamer untuk waktu yang lama, PS2 memiliki banyak game bagus yang tentunya banyak dikenang oleh para gamer.

Namun dari banyak game bagus dan ikonik untuk konsol PS2 beberapa di antaranya layak disebut sebagai game PS2 terbaik. Entah karena memang kualitas game-nya yang di atas rata-rata atau bisa juga karena faktor lain seperti game-nya yang menjadi favorit untuk dimainkan oleh banyak orang.

Dalam daftar ini, saya telah memasukkan 12 game PlayStation 2 terbaik sepanjang masa yang tentunya akan membangkitkan sisi nostalgia Anda:

Daftar Game PS2

1. Devil May Cry 3

Image Credit: Capcom

Diakui atau tidak, banyak gamer yang menaruh hati kepada Devil May Cry setelah seri ketiganya dirilis. Setelah game keduanya yang dianggap mengecewakan banyak fans, Capcom menebus kegagalannya dengan memberikan game baru yang membuat banyak gamer akhirnya menyukai Dante, Vergil, dan karakter Devil May Cry lainnya.

Daya tarik utama dari Devil May Cry 3 adalah cerita prekuel yang diusung. Hal ini membuat banyak gamer akhirnya bisa berkenalan dengan karakter-karakter dalam game-nya dan memahami bagaimana persaingan antara Dante dan Vergil dimulai. Dan tentu saja, Hideki Kamiya telah menyempurnakan mekanisme pertarungannya, termasuk ketika melawan para bos.

2. Kingdom Hearts

Image Credit: Square Enix

Square Enix mengambil langkah yang berani dengan mempertemukan karakter-karakter ikonik Disney dengan tokoh-tokoh dari seri Final Fantasy. Namun nyatanya kolaborasi tidak biasa ini berhasil dieksekusi dengan baik dan bahkan membuat Kingdom Hearts menjadi salah satu seri game yang ikonik hingga sekarang.

Game ini juga menjadi pembuktian Square Enix bahwa mereka merupakan salah satu pengembang game yang memang ahli dalam meramu formula untuk game RPG. Mulai dari bagaimana karakter-karakter dari dunia ini berinteraksi, hingga soundtrack orkestra yang ikonik, Kingdom Hearts menjadi salah satu game yang wajib dimainkan di PS2.

3. WWE: Smackdown! Here Comes The Pain

Image Credit: CBR

Meskipun WWE dan 2K Games baru saja merilis WWE 2K22, namun kelihatannya game tersebut tidak ada yang dapat mengalahkan keseruan dan keasyikan dari WWE Smackdown! Here Comes the Pain. Pengembang Yuke berhasil menemukan keseimbangan untuk gameplay WWE yang punya mekanisme unik.

Game ini memasang standar yang tinggi untuk game-game WWE, mulai dari daftar superstar WWE yang bisa dimainkan, mekanisme pertarungan yang brutal namun menyenangkan, hingga grafis yang kala itu terasa sangat realistis dan bahkan bisa dibilang dapat bertahan sampai sekarang.

4. Bully

Image Credit: Rockstar

Setelah cukup menguasai genre action open-world bertema kriminal lewat seri Grand Theft Auto (GTA), Rockstar kini mengambil tema yang berbeda yaitu kehidupan sekolah untuk Bully. Hal ini memang kontroversial, namun juga sangat relevan bagi mereka yang pernah atau sedang berada di bangku sekolah.

Apalagi Rockstar juga membuat gameplay yang lebih personal di dalam Bully, seperti adanya mata pelajaran yang harus diikuti membuat game ini memiliki daya tariknya tersendiri. Apalagi, hingga sekarang masih belum ada game open world yang berani mengambil tema dunia sekolah lagi seperti Bully.

5. Shadow of the Colossus

Image Credit: PlayStation

Shadow of the Colossus mungkin bisa dibilang adalah salah satu game terbaik yang pernah dibuat oleh Team Ico untuk PlayStation 2. Hal tersebut terbukti dengan remastered yang dirilis untuk konsol berikutnya PlayStation 3, dan bahkan remake yang dirilis untuk PlayStation 4.

Game ini menyajikan sebuah petualangan dengan cerita narasi yang mungkin paling diingat oleh para pemain game-nya di generasi manapun. Pengalaman mengalahkan monster-monster raksasa tanpa harus melakukan grinding atau mengalahkan musuh-musuh kecil membuat Shadow of Colossus memiliki pengalaman sinematik yang tidak dimiliki oleh game lainnya.

6. Guitar Hero III: Legends of Rock

Image Credit: Activision

Meski memang bukan yang terbaik, game simulator gitar ini tetap jadi salah satu game legendaris di PS2. Seri Guitar Hero memang mengejutkan para gamer di tahun 2000-an dan menantang mereka untuk dapat memainkan lagu-lagu rock terbaik dari berbagai zaman menggunakan kontroler berbentuk gitar ataupun dengan joystick.

Setiap seri Guitar Hero memang memiliki kelebihannya masing-masing, namun Guitar Hero III: Legends of Rock bisa dibilang menjadi puncak dari serinya. Mulai dari cerita single player fantastis, grafis yang diimprovisasi, boss battle yang unik melawan para gitaris legendaris, hingga tentunya daftar lagu menakjubkan membuat Guitar Hero III berada di puncak.

7. Gran Turismo 4

Image credit: Sony

Seri Gran Turismo memang sudah dikenal sebagai salah satu seri game terbaik yang dimiliki PlayStation. Dan ketika pengembang Polyphony Digital telah berhasil membawa pengalaman next-gen kala itu lewat Gran Turismo 3, mereka langsung memaksimalkannya di seri keempatnya.

Game ini menjadi salah satu game balap PS2 dengan jumlah pilihan mobil terbanyak yaitu lebih dari 700 mobil dengan 51 trek lintasan. Game ini juga menjadi salah satu game yang berhasil mengejar resolusi 1080p, dan tentunya menyajikan salah satu game balap dengan grafik terbaik di PS2.

8. Final Fantasy X

Image Credit: Square Enix

Square Enix kembali masuk ke daftar ini dengan game JRPG andalan mereka lainnya yaitu Final Fantasy. Seri JRPG ini memang sudah cukup lama melintang di industri video game sejak tahun 80-an. Dan salah satu seri terbaik yang pernah mereka buat adalah Final Fantasy X.

Salah satu hal penting yang membuat Final Fantasy X jadi salah satu yang terbaik adalah gameplayturnbased-nya yang telah diimprovisasi dan terasa berbeda dari seri-seri sebelumnya. Ditambah lagi kisah yang ditawarkan dalam game ini bisa dibilang menjadi yang paling banyak memiliki momen ikonik di dalamnya.

9. Need for Speed Underground 2

Image Credit: worthplaying

Saya yakin tidak sedikit fans yang beranggapan bahwa Need for Speed Most Wanted yang seharusnya masuk ke dalam daftar ini. Namun diakui atau tidak, seri Underground adalah yang pertama memperkenalkan banyak gamer ke car culture dan balap liar.

Seri Underground 2 juga lebih superior dari seri pertamanya berkat dunia terbuka revolusioner yang diusungnya. Perubahan ini bahkan membawa arah masa depan Need for Speed hingga sekarang yang tetap setia dengan dunia terbuka. Sehingga tidak berlebihan bila tahta seri terbaik Need For Speed ada pada game ini.

10. God of War 2

Image Credit: Sony

Seri God of War tidak dapat dipungkiri merupakan salah satu seri game terbaik yang dimiliki PlayStation. Dan setelah seri pertamanya yang memukau, Santa Monica Studios memperlihatkan bahwa mereka mampu menghadirkan kelanjutan kisah Kratos yang epik di game pertamanya.

God of War 2 mungkin memang bukan menjadi pemungkas cerita balas dendam Kratos, namun game ini berhasil mengembangkan dunia dan karakter-karakter yang ada di semesta God of War. Selain itu pergerakan dan pertempuran Kratos menjadi lebih fluid, dan puzzle yang ada memberikan kepuasan saat dapat diselesaikan.

11. Resident Evil 4

Image Credit: Capcom

Resident Evil 4 merupakan bukti kejeniusan Capcom dalam mengeksekusi evolusi untuk seri game action-horror mereka tersebut. Dengan sudut pandang dan gameplay yang lebih berfokus pada aksi, game-nya kini menjadi lebih memacu adrenalin tanpa harus bergantung pada elemen jumpscare seperti sebelumnya.

Meskipun lebih condong ke aksi, namun Resident Evil 4 tetap mempertahankan elemen seram khas seri Resident Evil. Mulai dari musuh-musuh yang tetap menyeramkan, hingga latar yang kini menjadi lebih beragam namun tetap memiliki momen-momen ikoniknya. Semua perubahan yang dilakukan tadi membuat Resident Evil 4 menjadi salah satu serinya yang paling memorable.

12. Grand Theft Auto: San Andreas

Image Credit: Rockstar
Games

Rockstar Games memang memiliki portofolio Grand Theft Auto yang sangat bagus di era PlayStation 2. Dengan 3 game utama dan 2 game porting, Rockstar benar-benar menyempurnakan formula mereka untuk game action open-world mereka. Dan hasilnya GTA San Andreas menjadi puncak ciptaan mereka pada masa itu.

Bahkan GTA San Andreas bisa dibilang sebagai puncak dari game di era PlayStation 2. Rockstar dengan jenius memasukkan berbagai aspek mulai dari kisah perang geng dan juga polisi korup, beragam misi dan aksi gila di darat, laut, maupun udara. Hingga ke berbagai aktivitas sampingan yang bisa membuat pemainnya sibuk selama berjam-jam. Tidak heran jika game ini menjadi salah satu game konsol paling laris sepanjang masa.

Penutup

Itulah tadi daftar 12 game PlayStation 2 terbaik penuh nostalgia. Daftar ini mungkin tidak dapat memasukkan semua game yang dianggap legendaris oleh fans masing-masing, namun game-game di atas tentu layak dijuluki yang terbaik.

Bagi Anda yang menyukai game bertema anime, baca juga artikel kami "15 Rekomendasi Game Terbaik untuk Para Pecinta Anime"